Anggota DPRD Medan Bantu Sembako Korban Banjir


KANALMEDAN – Merasa terpanggil pasca musibah banjir yang menerjang kota Medan, anggota DPRD Medan Afif Abdillah beserta rombongan menyerahkan bantuan sembako ke pengungsi di aula Kantor Kelurahan Sei Mati, Jalan Brigjen Katamso, Gang Balai Desa, Kecamatan Medan Maimun, Sabtu 5 Desember 2020.

Afif Abdillah yang juga Ketua DPD Partai Nasdem didampingi Wakil Ketua DPD Nasdem Vincent Desranta, Sekjen DPD Zainal Abidin beserta pengurus partai lainnya. Juga bersama anggota DPRD Medan T Edriansyah Rendy, Habiburahman Sinuraya meninjau lokasi sungai yang menjadi sumber banjir guyuran hujan deras.

Dari bincang dengan warga diketahui, katanya, warga yang mengungsi membutuhkan minyak kayu putih, minyak telon, pakaian bayi, pembalut wanita dan sembako. “Sebab, di pengungsian itu banyak warga memiliki bayi dan anak kecil,” tutur Afif Abdillah.

Anggota komisi 2 DPRD Medan Afif, usai meninjau sungai menyebut, airnya masih deras dan tinggi meluber ke beberapa rumah warga. Menurutnya, “Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] sudah menyampaikan ke kita seharusnya Pemko Medan melakukan pengorekan atau normalisasi sungai,” jelas Afif.

Baca Juga :   Rapat Banggar DPRD Medan: Realisasi Retribusi Parkir Masih Rp9,2 Miliar

Diungkapkan Afif, dari penuturan warga yang disampaikan padanya, sudah 4 atau 5 tahun Pemko tidak ada melakukan normalisasi sungai. Akhirnya, saat curah hujan tinggi terjadilah banjir besar.

Selain itu, lanjutnya, kita juga akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai [BWS] Sumatera 2 bagaimana agar sungai di bagian belakang kawasan itu bisa diperlebar dan dibeton sebagai antisipasi banjir kambuhan.

Di sisi lain, lanjutnya, kami juga salut dengan warga setempat. Sebab ada beberapa warga yang bersedia menghibahkan tanahnya untuk memperlebar sungai. Artinya warga di sini sudah sangat aware terhadap apa yang terjadi kalau lingkungan hidup sudah tidak baik.

Lurah Kelurahan Sei Mati Fakhrurozi yang turut mendampingi Afif Abdillah dan rombongan mengungkapkan, atas nama masyarakat ia mengaku sangat senang atas kehadiran anggota DPRD Medan Afif Abdillah dan T Edriansyah Rendy. “Saya harapkan para anggota dewan dapat membawa suara hati masyarakat menuju perubahan yang diharapkan,” tukasnya.(jen)

Print Friendly