UISU-UBSI Teken MoU Bidang Penjaminan Mutu


Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor UBSI Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd menunjukkan naskah kerjasma yang baru ditandatangani.

KANALMEDAN – Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) sepakat melakukan kerjasama dengan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), khususnya dalam hal penjaminan mutu Program Studi di Lingkungan UISU. Penandatanganan itu dilakukan Kamis (12/11) di Auditorium Pusat Administrasi UISU Jalan SM Raja Medan dan langsung dihadiri Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Rektor Universitas Bina Sarana Informatika Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd.

Turut hadir mendampingi Wakil Rektor UISU Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola, Zufrizal, SE. Ak. CA, MBA, MAFIS dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS. MA serta Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UISU Dr. Sri Gustina Pane, SE, M.Si.

Dalam naskah kerjasama itu disebutkan bahwa ruang lingkup kerjasama antara kedua institusi lembaga pendidikan itu meliputi kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi, pengembangan institusi, pertukaran dosen dan kerjasama dibidang Perpustakaan dan laboratorium. Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP usai penandatanganan MoU mengatakan bahwa kolaborasi antara perguruan tinggi sangat strategis dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi.

“Kerjasama ini sangat strategis dan dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,”ujarnya. Dengan kerjasama ini, katanya, banyak program dan kegiatan yang dapat dilakukan secara bersama-sama antara UISU dan Universitas Bina Sarana Informatika sesuai dengan ruang lingkup kerjasama yang disepakati. Apalagi, Universitas Bisa Sarana Informatika yang berlokasi di Jakarta dapat menjadi model bagi UISU untuk mengembangkan beberapa program studi yang berhubungan dengan teknologi dan informasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU, Prof. H. Ismet Danial Nasution, Ph.D., mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara UISU dengan UBSI. “Ini menunjukkan UISU mampu dan setara dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia ,”katanya.

Prof Ismet berharap pimpinan UISU di Universitas dan Fakultas benar-benar dapat memanfaatkan peluang kerjasama ini untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu Pendidikan tinggi di UISU.

Pihaknya berharap, ke depan UISU dapat meningkatkan kerjasama hubungan kelembagaan dengan berbagai pihak baik di tingkat nasional maupun Internasional. “Hal itu penting dalam rangka mewujudkan UISU yang bertaraf internasional dengan tetap mengedepankan nilai-nilai keislaman sesuai dengan Wijjhah UISU,”ucapnya.

Pada saat yang sama, Ketua Lembaga Penjamin Mutu UISU Dr. Sri Gustina Pane, SE, M.Si bersyukur dengan penandatanganan MoU tersebut. “Dengan adanya MoU ini, kita berharap dapat terus meningkatkan kualitas penjaminan mutu kita baik di universitas maupun di tiap-tiap program studi yang ada di lingkungan UISU,”ucapnya.

Bahkan, Agustina berharap dalam waktu dekat dapat melakukan studi banding untuk kunjungan dan melihat langsung Universitas Bina Sarana Informatika guna saling bertukar informasi dan menggali pengetahuan terkait dengan penjaminan mutu.

“Kita berharap dan berkeinginan untuk terus bisa meningkatkan pengetahuan tentang penjaminan mutu, baik itu di tingkat universitas bahkan sampai pada tingkat program studi. Kita juga berharap dapat menciptakan budaya mutu di UISU yang pada gilirannya akan memberikan kontribusi untuk proses reakreditasi program studi dan institusi. Kerjasama ini akan mendukung kita guna mencapai peringkat akreditas unggul baik tingkat institusi di universitas, hingga tiap-tiap program studi,”vtutup Dr. Sri Gustina Pane, SE, M. Si. (Nas)


Print Friendly