Pemko Medan Tanggapi Permasalahan Banjir yang Dipertanyakan Fraksi PDIP dalam Paripurna


KANALMEDAN – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Trinugroho menjawab pertanyaan Fraksi PDIP dalam rapat paripurna yang mempertanyakan permasalahan banjir di Kota Medan, Selasa (3/11/2020) pekan lalu.

Arief dalam Nota Jawaban atas pemandangan umum Fraksi DPRD Kota Medan pada sidang paripurna tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2021 menyebutkan bahwa Pemerintah Kota Medan telah bekerjasama dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatra.

“Menanggapi pernyataan saudara terkait belum dapat dituntaskan nya Banjir di Kota Medan kami sampaikan bahwa Pemerintah Kota Medan bekerjasama dan berkoordinasi dengan Pihak Balai Wilayah Sungai Sumatra II,” ujar Arief dalam nota jawaban yang disampaikan di rapat paripurna RAPBD TA 2021 di sekretariat DPRD Kota Medan, Senin (9/11/2020).

Selain BWS Sumatra II, ia mengatakan beberapa instansi terkait yang akan dilakukan koordinasi yakni Dinas Sumber Dayaa Air, Cipta Karya, dan Tata Ruang Propinsi Sumatra Utara.

“Dan juga pihak Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Propinsi Sumatra Utara untuk mengatasi persoalan banjir di Kota Medan,” ungkapnya.

Namun, ia mengatakan pihak Pemerintah Kota Medan juga mengharapkan partisipasi masyarakat bantaran Sungai untuk mendukung program dari Pemko Medan.

“Namun kita juga berharap dalam penanggulangan banjir di Kota Medan peran serta partisipasi seluruh masyarakat Kota Medan sangat lah penting terutama yang bermukim di sekitar bantaran sungai,” katanya.

Arief mengatakan beberapa langkah yang telah dilakukan yakni pemeliharaan drainase dan gorong-gorong di beberapa lokasi di Kota Medan.

“Di mana pada saat ini telah dilakukan berbagai langkah di antaranya yaitu pembangunan rehabilitasi saluran drainase dan gorong-gorong, serta melaksanakan secara bertahap pembersihan saluran drainase dan gorong-gorong yang dilaksanakan oleh PHL Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan dan P3SU Kecamatan/Kelurahan,” pungkasnya.
(Jen)

Print Friendly