Kata Panji Setiawan, Usulan Musrenbangdes Harus Menyentuh Masyarakat

KANALMEDAN – Kepala Bidang Potensi Desa (Potdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Langkat, Panji Setiawan S.STP menyebutkan, usulan pembangunan yang diajukan di dalam Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) harus dapat menyentuh langsung kehidupan masyarakat banyak.

Panji Setiawan

“Musrenbangdes sangat penting dan harus dimanfaatkan secara maksimal, sebab desa sendirilah yang lebih tahu kebutuhan pembangunan dibutuhkan masyarakat”, katanya dalam pembinaan Musrenbangdes se-Kecamatan Selesai tahun anggaran 2021 di Balai Desa Selayang, Kamis (23/07/2020).

Dalam Musrenbangdes tersebut, Panji juga mengingatkan pentingnya pemanfaatan anggaran pembangunan secara tepat manfaat dan tepat sasaran.

Manfaat anggaran kata dia, tidak saja terkait uang tapi juga bagaimana melibatkan seluruh potensi masyarakat.

Kata dia, perencanaan pembangunan di desa yang selama ini berjalan, harus dilakukan evaluasi. Intinya, desa yang lebih tahu dan detail terkait daerahnya sendiri.

Didampingi Kasi Pemberdayaan Potensi Desa Dinas PMD Langkat, Selfian Ardi S.Sos, diingatkan agar Musrenbangdes menampung usulan kegiatan pembangunan sesuai dengan visi-misi kepala desa dalam RPJMDes.

“Pembangunan di desa juga hendaknya diselaraskan dengan visi dan Misi Bupati,” ujarnya.

Sementara Tenaga Ahli P3MD Langkat Budi Hartono dan Dian Taufiq Ramadhan, dalam pembinaan Musrenbangdes tersebut menyampaikan isu-isu penting yang harus dibangun di desa.

Antara lain menyangkut penanganan Stunting, P2KTD, Penanganan Covid-19,BLTD dan recovery ekonomi desa di era New Normal. (Jen)

Print Friendly