Ance Selian Ingatkan Pemerintah, Jangan Lepas Rodi di New Normal

KANALMEDAN  –  Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut, Ance Selian, mengingatkan pemerintah untuk tidak sekedar lepas rodi, dalam menghadapi  New Normal.

Ance Selian

 “Pemerintah harus tegas untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, karena faktanya New Normal bukan  sebagai babak penegasan bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir”, katanya kepada Wartawan di Medan, Rabu (08/07/2020).

Ance Selian yang juga Ketua IKA-PMII Sumut mengatakan,  sikap tegas pemerintah sangat menentukan sukses tidaknya program New Normal. Karena di tengah-tengah masyarakat, saat ini sudah banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Lima bulan kita menghadapi pandemi covid 19, kata Ance Selin, cukup mecemaskan  dan mengancam kehidupan manusia di berbagai belahan dunia. Sebab sampai hari ini,  belum juga ditemukan  vaksinnya .

Dengan demikian, pemerintah masih memerintahkan kita  pake masker, jaga jarak, cuci tangan, jaga stamina. Sedangkan disisi lain, penerapan protokol kesehatan  di tempat-tempat keramaian dan pasilitas publik terlihat mulai kendor.

Terkait itu, tokoh santri  yang jadi politisi ini meminta keseriusan pemerintah, khususnya  pemerintah daerah  agar jangan hanya sebatas lepas rodi di New Normal.

Fakta  di lapangan masih banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan, apalagi di daerah yang masih kategori hijau. Malah ditengah masyarakat, muncul persepsi buruk seolah-olah Covid-19  ada konsfirasi dan dianggap politisasi saja.

Keadaan ini sangat membahayakan kita semua, apalagi dibukanya kembali berbagai kegiatan  seperti Rumah  Makan, Pertokoan, Pasar, Plaza , Penerbangan.

Ance Selian berharap, kiranya  pemerintah  memperketat pengawasan dan terus menerus melakukan sosialisasi ke masyarakat  agar  masyarakat memahami makna New Normal secara baik dan benar sampai tuntas.

Mantan anggota DPRDSU  ini menyarankan, agar dalam penanganan Covid-19 di New Normal  melibatkan simpul-simpul strategis yang punya pengaruh kuat, untuk memberi pemahaman pada mayarakat.

“Jika masyarakat gagal paham soal New Normal, akan mengakibatkan malapetaka baru “, katanya mengingatkan.

Tanggung jawab besar pemerintah daerah jangan di pandang enteng, hingga sekedar menggugurkan kewajiban saja. Biaya besar dan kewenangan besar telah di serahkan pada pemerintah, mohon tidak lalai. Keawaman masyarakat harus dapat kita pahami betul untuk tidak hanya sekedar melepaskan tanggungjawab.

Ance Selian mengingatkan, dalam konteks pertanggungjawaban penanganan Covid-19,harus dipahami bahwa Gubernur, Bupati dan Walikota tidak hanya dimintai pertanggungjawaban di dunia.

Tapi juga pertanggungjawaban kepada Allah Swt kelak di akhirat, sebab penanganan Pandemi Covid-19 menyangkut hajat hidup ummat atau manusia.(Jen)

Print Friendly