Dirbinmas Poldasu dan Ketum KSJ Berbagi Rezeki dengan Kaum Duafa

Dirbinmas Poldasu Kombes Pol Hondawan diwakili Kompol MH Ritonga bersama Ketua Umum KSJ Saharudin, dan Ketua KSJ Kartini Romauli Silakahi berbagi rezeki dengan kaum duafa dan anak yatim.

KANALMEDAN – Direktur Binmas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) Kombes Pol Hondawan bersama Ketua Umum (Ketum) Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Saharudin berbagi rezeki dengan kaum duafa dan anak yatim serta yatim piatu, di Medan Baru, Jumat (05/6/2020).

Dirbinmas Kombes Pol Hondawan yang diwakili Kompol MH Ritonga menjelaskan, saat ini Indonesia sedang menuju New Normal atau kehidupan normal baru pasca beberapa daerah hidup dalam pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Artinya, kata Kombes Pol Hondawan, dalam kehidupan sehari-hari masyarakat wajib memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan selalu cuci tangan dengan sabun.

“Karenanya kita saat ini sedang berusaha membangun  kampung tangguh, yakni kampung yang tangguh menangkal narkoba, menangkal kejahatan dan tangguh menangkal penyebaran virus corona atau Covid 19,” kata Hondawan.

“Melalui KSJ yang sudah tumbuh di beberapa kabupaten dan kota, kita  pantas bersyukur kepada organisasi sosial ini yang luar biasa berkembang. KSJ terus bergerak membantu kaum duafa dan anak yatim serta yatim piatu, terutama di masa Covid-19 yang masih berkepanjangan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum KSJ Saharudin yang didampingi Ketua KSJ Kartini Romauli Silalahi dan Ketua KSJ Polonia Nasrul SPd menjelaskan, KSJ sudah berdiri selama 43 Jumat yang terus berkiprah memberi bantuan dengan kaum duafa dan anak yatim.

“Saatnya nanti kita akan membangun perekonomian KSJ melalui Gerobak Ekonomi dan Kampung Duafa,” katanya.

Dengan kerjasama aparat Kepolisian dan Pemerintah Daerah, kata tokoh Medan Utara ini, KSJ menjadi lembaga sosial yang disayangi Polri dan Pemerintah Daerah, tegasnya.

Sementara itu,  Ahmad Yaneri S.Sos, M.Kesos, Dosen Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung menjelaskan, Komunitas Sedekah Jumat merupakan organisasi sosial yang tumbuh dan berkembang secara cepat dan mandiri.

“Ini contoh dari sebuah orsos yang kelak menjadi mitra pemerintah untuk menangani kemiskinan dan ketelantaran yang terus masih menjadi persoalan untuk ditangani,” kata Yaneri.

Menurutnya, pihak Pemerintah Daerah sudah bisa memberi kepercayaan kepada KSJ untuk membantu penyaluran bantuan jaring pengaman sosial masa Covid-19 ini.

Hadir dalam acara itu, Sekcam Kec Polonia  Khusnul SSTP,  Kanit Binmas Polsek Medan Baru Ipda Hanafiah, dan Bhabinkamtibmas Medan Baru Aiptu Fajar. (Nas)

Print Friendly