Deteksi Covid-19, Pemko Medan Harus Miliki PCR

KANALMEDAN – Wakil Ketua Komisi II DPRD Medan, Sudari mendesak Pemko Medan untuk memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR). Alat tes itu dinilai sangat penting guna percepatan mendeteksi seseorang menderita positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Instrument Polymerase Chain Reaction (PCR) dapat menganalisa 100-an sample perhari dengan tinggi tingkat akurasinya. 

“Kota Medan sudah status tanggap darurat dan zona merah soal Covid-19. Tentu harus lebih maksimal penanganannya. Kita harapkan Pemko Medan memiliki alat tersebut,” tegasnya kepada wartawan, kemarin.

Dikatakannya, dengan menggunakan alat PCR Pemko Medan sudah dapat melakukan tes corona sendiri di laboratorium RSUD dr. Pirngadi Medan. “Jadi tidak harus pemeriksaan ke Jakarta yang membutuhkan waktu lama,” tambahnya. 

Selama ini, katanya, masyarakat selalu resah bila ada seseorang  yang meninggal dunia. “Tudingan masyarakat selalu miring, padahal meninggalnya bukan karena Covid 19. Hal itu yang harus ada kepastian sehingga tidak menimbulkan keresahan,” urainya.

Begitu juga terkait seseorang status Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pantauan (PDP), harus diketahui apakah positif Covid 19 sehingga masyarakat sedikit tenang dan keluarga yang meninggal tidak di terasingkan di masyarakat. (Jen)

Print Friendly