USU Tambah 6 Profesor di Awal 2020

Rektor USU Prof Runtung Sitepu

KANALMEDAN – Pada awal 2020 (Januari) ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menyetujui penambahan 6 orang guru besar (profesor) Universitas Sumatera Utara (USU).

“SK persetujuan 6 profesor itu telah kita terima. Kita sangat  bersyukur dan berterimakasih pada Menteri. Di awal 2020 ini USU mendapat tambahan 6 profesor. Target kita ada pertambahan 10 profesor setiap tahunnya,” kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum menjawab wartawan di Medan, Selasa (21/1). 

Disebutkannya, ke-6 Profesor baru USU yakni  Prof Dr dr Farhat Sp THT (KL), Prof Dr Rosnidar Sembiring SH MHum, Prof Dr dr Aldy Syafruddin Rambe SpS(K), Prof Dr dr Dina Keumala Sari M Gizi Sp GK,  Prof Rahmawaty S Hut MSi PhD dan  Prof Dr dr Arlinda Sari Wahyuni MKes. “Segera disiapkan acara pengukuhan ke 6 guru besar ini,” katanya.

Dijelaskannya, sepanjang tahun 2019 hingga bulan November, USU juga menambah 6 orang guru besar, sehingga jumlah guru besar PTN ini saat ini sebanyak 189 orang.

Dikatakannya, dengan pertambahan guru besar ini jelas memperkuat kualitas SDM  USU. “Kita terus upayakan pertambahan guru besar dan dosen yang doktor (S3),” katanya.

Menurut Runtung, pihaknya terus mendorong dosen-dosen yang sudah masanya untuk diusulkan menjadi guru besar. Saat ini proses kenaikan pangkat dan usulan pengangkatan guru besar di kementerian waktunya semakin singkat. “Jadi tidak ada yang ditahan-tahan dan sudah melalui online,” katanya.

Ditanya program 2020, Runtung mengatakan, selain yang rutin, akan dilakukan revitalisasi aset USU untuk mendukung unit bisnis universitas. Tujuannya untuk mengurangi ketergantungan pembiayaan universitas dari dana masyarakat, antara lain membangun PT Almamater Sejahtera, membangun usaha air mineral, hotel sebagai laboratorium pariwisata/perhotelan.

“Kemudian membangun convention hall dengan daya tampung 1.000 orang dan akan segera dilelang pekerjaannya berbiaya sekitar Rp60 miliar,” katanya. 

Prof Runtung juga menjelaskan, di usia 67 tahun,  USU sudah sangat banyak meraih kemajuan dari tahun-tahun sebelumnya.

Meskipun telah banyak prestasi yang diukir hingga tahun 2019,  kata Runtung, tidak menghentikan langkah terus bekerja keras meningkatkan kualitas pendidikan dan kelembagaan di tengah masyarakat.

“Semoga pada tahun ini, dengan kerja keras bersama, akan mampu masuk dalam peringkat 10 besar perguruan tinggi terbaik nasional, ” harap rektor.(Nas)

Print Friendly