Irwansyah Ajak Masyarakat Manfaatkan Nilai Ekonomis Sampah

KANALMEDAN – Permasalahan sampah di Medan belum juga bisa dituntaskan dengan baik. Hal itu lantaran persoalan dan penanganan sampah muncul dari masyarakat dan industri yang menghasilkannya.

Alhasil, sampah masih menjadi masalah dan belum menjadi solusi. Dibeberapa tempat lain, sampah sudah menjadi solusi bagi masyarakat salah satunya soal peningkatan pendapatan.

“Saya ingin sampaikan, bahwa sampah yang selama ini dianggap menjadi masalah ternyata memiliki nilai ekonomis tinggi. Bahkan masyarakat bisa memanfaatkan sampah sebagai pendapatan tambahan,” ungkap anggota F-PKS DPRD Medan, Irwansyah di Medan, Sabtu (18/1).

Irwansyah menilai, dalam perda yang sudah disahkan hampir lima tahun silam ini salah satunya adalah terkait pengelolaan sampah yang bisa meningkatkan pendapatan warga. “Jadi sampah ini ada nilai ekonomisnya jika masyarakat dan Pemko Medan bisa mengelolanya dengan baik,” imbuhnya.

Terkait persoalan sampah, dia berharap, masyarakat dan Pemko Medan bahu-membahu meningkatkan kesadaran dalam persoalan sampah ini sehingga bisa diatasi. “Yang paling penting dalam permasalahan sampah adalah kesadaran setiap masyarakat di Kota Medan. Sehingga sampah dapat dituntaskan,” urainya.

Sedangkan untuk sanksi dalam perda, Irwansyah meminta Pemko Medan dapat lebih dahulu memaksimalkan penyampaian informasi-informasi terkait produk hukum ini kepada masyarakat, agar supaya menjadi paham. “Harapan kita semua, produk hukum ini bisa maksimal dipahami masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, sejumlah warga yang hadir menyampaikan masukannya terkait ketersediaan fasilitas pembuangan sampah serta pengelolaan sampah seperti pengangkutan yang saat ini belum juga ditangani dengan baik. (Jen)

Print Friendly