Siswa MTsN 2 Medan Mabit di Asrama

KANALMEDAN – MTsN 2 Medan gelar Malam Bina Iman Taqwa (Mabit) di gedung Asrama MTsN 2 Medan, Sabtu (14/12). “MABIT adalah  salah satu kegiatan di MTs Negeri 2 Medan yang  digalakkan sebagai upaya   membentengi para  siswa- siswi  dari berbagai  pengaruh negative,” kata Kepala MTsN 2 Medan Dr Salman Munthe SAg MSi.

Lebib lanjut Salman mengatakan, Mabit dilaksanakan di gedung asrama dan pelaksanaan salat malam di Masjid Al-Amilin MTs Negeri 2 Medan, dihadiri pimpinan MTs Negeri 2 Medan dan guru  serta menghadirkan  ustaz untuk zikir bersama.

Menurut Salman, banyak hal yang didapatkan siswa  dari acara Mabit tersebut, antara lain melatih siswa utuk melaksanakan ibadah bersama-sama dengan teman-temannya dan juga dengan  gurunya.

“Dengan melaksanakan ibadah bersama-sama tersebut maka akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan hati yang menyatu antara siswa dan gurunya,” kata Salman.

Kegiatan saat makan dan minum yang dilaksanakan bersama teman-temannya akan menumbuhkan keakraban.  Selain itu, bisa melaksanakan belajar bersama untuk menambah dan memperdalam materi pelajaran yang diajarkan di siang harinya.

Kemudian, siswa dilatih untuk bisa melaksanakan salat lail di madrsah. Dengan adanya salat lail maka bagi siswa yang di rumah belum pernah sholat Lail mereka akan dikenalkan dan mempraktekkan sholat Lail tersebut.

Melatih kemandirian, dengan adanya MABIT di madrsah, siswa tersebut akan melaksanakan kegiatan tanpa bantuan orang tua secara langsung sehingga akan meningkatkan kemandirian mereka.

“Dengan melihat banyaknya manfaat kegiatan MABIT di Madrasah maka kegiatan tersebut menjadi salah satu alternative agar siswa siswa kita bisa diarahkan menjadi siswa-siswa yang sholeh dan sholehah,” tandas Salman. (Sor)

Print Friendly