Kementerian PANRB Perkenalkan Aplikasi LAPOR di USU

Deputi Pelayanan Publik Kemen-PAN-RB Prof Diah Natalisa, Rektor USU Prof Runtung Sitepu, Gubernur Sumut diawakili  Agus Tripriyono, Kepala LLDikti Wilayah I Sumut  Prof Dian Armanto , Kadis Kominfo Zain Noval, dan Konsulat AS untuk Sumut Jessica Panchutha  diabadikan bersama seusai pembukaan acara “LAPOR Goes To Campus“ di Auditorium USU, Kamis (12/12).

KANALMEDAN – Deputi Pelayanan Publik Kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN-RB) Prof Diah Natalisa  mengatakan,  Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR )  ‘Goes to Campus’ bertujuan  mencipatkan pelayanan lebih baik secara nasional.

“Kampus sangat baik sebagai infrastruktur promosi pengguna LAPOR, karena  mahasiswa adalah generasi penerus  bangsa ,” kata Diah Natalisa saat membuka acara “LAPOR! Goes to Campus” di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (12/12).

Hadir dalam acara itu, Tenaga Ahli  Utama Kantor Staf Kerresidenan Agung Hardjono, Rektor USU Prof Runtung Sitepu,  Gubernur Sumatera Utara diawakili  Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan  Pembangunan Aset SDA  Sumut Agus Tripriyono, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut  Prof Dian Armanto , Wali Kota Medan diawakili Kadis Kominfo Zain Noval, Konsulat Amerika Serikat (AS) untuk Sumut Jessica Panchutha, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumut Abyadi Siregar, perwakilan dari USAID  serta ribuan mahasiswa PTN dan PTS se-Sumut.

Diah Natalisa mengharapkan, kegiatan LAPOR! Goes To Campus di USU dapat meningkatkan partisipasi kaum muda dalam pengaduan pelayanan publik . Saat ini, katanya, hampir seluruh penyelenggara pelayanan publik, termasuk perguruan tinggi terhubung dengan platform LAPOR ini. ”Pembentukan tim pengelolaan pengaduan diserahkan pada masing–masing instansi pemerintah dan lembaga,” katanya.

Dia berharap,  masyarakat berpartisipasi. Karena tanpa partisipasi masyarakat, tidak akan tercapai tujuan pengaduan untuk peningkatan kualitas pelayanan public. “Oleh karena itu, perlu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait tata cara dan mekanisme dalam menyampaikan pengaduan, permintaan informasi, apresiasi maupun aspirasi dengan baik,” katanya.

Rektor USU Prof Runtung Sitepu dalam sambutannya mengatakan, sebuah kebanggaan bagi USU dipercaya sebagai tuan rumah LAPOR! Goes to Campus ini. “USU  menjadi saksi dibukanya rangkaian acara LAPOR! Goes to Campus,” katanya.

Dia mengatakan, mahasiswa bisa menyebarluaskan penggunaan aplikasi LAPOR! kepada masyarakat.  Kegiatan ini juga sarana  edukasi kepada masyarakat  dan mahasiswa tentang cara menyampaikan aspirasi  secara online. Dia mengatakan, program ini juga sejalan dengan visi-misinya ketika maju menjadi rektor USU. ”Kita punya selogan: dengarkan dan kerjakan,” tegasnya.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi diwakili  Staf Ahli Agus Tripriyono, mengapresiasi kegiatan tersebut.  “Kegiatan LAPOR   Goes to Campus dengan tema ‘Berani Lapor! Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik’sangat baik,” katanya. 

Karena itu, Pemprovsu  sangat mngapresiasi , terutama aplikasi pengaduan yang diluncurkan. “Saya memberikan apresiasi terhadap aplikasi LAPOR, karena saran dan kritik memberikan daya bangun terhadap bangsa ini,” pungkasnya.

Sejumlah mahsiswa mengatakan,   LAPOR! Goes to Campus Campus dengan tema “Berani Lapor! untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik” ini sangat bermanfaat untuk membuka wawasan. Melalui acara ini mahasiswa memeroleh pengetahuan bahwa tersedia aplikasi dari pemerintah yang mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pengaduan.

“Menurut saya, LAPOR! Goes to Campus sudah bagus karena masyarakat bisa langsung memberikan aspirasi, kurang dan lebihnya pelayanan pemerintah,” ujar salah seorang mahasiswi di sela-sela memasang aplikasi di androidnya. (Nas)

Print Friendly