Guru Besar ITB Perkenalkan MB 24 Jam di ITM

KANALMEDAN – Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB)  Prof Dr Ir  Amrinsyah Nasution MSc membagikan trik menuju sukses  di kampus. Dia mengembangkan Metoda Belajar (MB)  24 Jam di tempatnya mengajar, karena ini adalah salah satu dari strategi di perguruan tinggi (PT). 

“Metoda Belajar 24 Jam  saya kembangkan kepada mahasiwa sebagai empati para dosen agar mahasiswa bisa berprestasi,” kata Amrinsyah saat menjadi pembicara pada kuliah umum di Institut Teknologi Medan (ITM), kemarin.

MB 24 Jam ini, menurutnya, suatu metode manajemen waktu belajar di perguruan tinggi.  Para mahasiswa diajak belajar tepat waktu dengan peraturan yang telah diterapkan oleh perguruan tinggi.

“Jika taat asas dan waktu Insya Allah,  akan berhasil menyelesaikan pendidikan tepat waktu,” tuturnya.

Dia mengatakan, kegiatan belajar mengikuti MB 24 Jam mutlak harus dijalankan mahasiswa sekurang-kurangnya untuk lama waktu minimum setiap kegiatan harian. Dalam hal waktu minimum tidak terpenuhi,  maka menggantinya di hari berikutnya. 

“Kerjakan apa saja untuk memenuhi kekurangan waktu sebelumnya. Ini harus dikuatkan, karena akan memiliki contoh psikitis. Mereka saya paksa mengikuti petunjuk belajar setiap hari,  sebab setiap kerja cerminan pribadi atau kualitas mahasiswa itu sendiri, ” sebutnya. 

Menurutnya, MB 24 Jam ini sudah dicobanya lebih kurang 9 tahun kepada mahasiswa S1 dan S2 di Program Studi Teknik Sipil dan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB. Selanjutnya dilakukan jajak pendapat dalam beberapa tahun ini terhadap mahasiswa ITB yang menggunakan MB 24 Jam. 

“Hasil yang diperoleh, antara lain dengan MB 24 Jam,  belajar lebih terstruktur dan terjadwal dengan baik, kegiatan yang dilakukan lebih efisien dan efektif, membentuk kedisiplinan pribadi terhadap waktu,  IP melonjak drastis, dan sangat terbantu mengatur jadwal harian,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Rektor I ITM Dr Ir Hermansyah Alam, MT saat membuka kuliah umum di Ruang Serba Guna ITM mengatakan, kuliah umum bertema “Paradigma Baru Pengembangan Softkill Mahasiswa MB 24 Jam” ini diadakan salah satunya untuk menambah wawasan mahasiswa.

Karena itu diharapkan mahasiswa fokus mendengarkan materi yang disampaikan Guru Besar ITB, sehingga materi yang disampaikan dapat diterapkan untuk pembelajaran di kampus. (Nas)

Print Friendly