Wisuda UMA Angkat Tema “Kampus Sehat”

Rektor UMA Prof Dadan Ramdan (kedua kiri), WR Bidang Kemahasiswaan Muazzul SH MHum, Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati SSos MAP dan Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP diabadikan bersama seusai memberikan keterangan.

KANALMEDAN – Universitas Medan Area (UMA) akan mewisuda 681 lulusannya pada Sabtu (23/11) mendatang di Gelanggang Serbaguna Kampus I UMA, Jalan Kolam Medan Estate. Wisuda periode kedua tahun 2019 ini mengangkat tema “UMA Kampus Sehat”.

Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc kepada pers di ruang kerjanya, Senin (18/11) mengatakan, kampus sehat artinya bersih lingkungan, nyaman, dan peduli terhadap keberlanjutan lingkungan.

“Tema Kampus Sehat ini kita angkat karena UMA sudah tahun ketiga mendapat sertifikat Kampus Bestari dan Sertifikat UI GreenMetric. UMA menempati rangking 25 GreenMetric tingkat nasional dan 472 tingkat internasional. Dan UMA satu-satunya PTS di Sumut yang masuk rangking GreenMetric,” kata Dadan yang didampingi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Muazzul SH MHum, Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati SSos MAP dan Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP.

Untuk memantapkan program kampus sehat itu, kata rektor, pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang UMA bebas asap rokok. Kemudian SK tentang gerakan penanaman pohon di lingkungan kampus, dan SK gerakan mengendarai sepeda bagi civitas akademika UMA guna mengurangi polusi.

“Dalam waktu dekat kita akan terapkan ada satu hari dalam sepekan a mengendarai sepeda. UMA tengah mempersiapkan jalur sepeda di lingkungan kampus. Program ini bertujuan untuk membuat bersih udara UMA. Jadi bukan hanya halaman UMA yang bersih, tapi juga udaranya,” kata Dadan Ramdan.

Di sela-sela wisuda, tambah rektor, juga akan dilakukan penandatangan nota kesepahaman kerja sama atau MoU antara UMA dan Pemko Tebing Tinggi. Naskah MoU akan ditandatangani Rektor UMA dan Wali Kota Tebing Tinggi Ir Umar Zunaidi Hasibuan MM.

Di depan wisudawan dan keluarga wisudawan serta undangan, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Prof Dian Armanto juga akan menyerahkan secara resmi izin penyelenggaraan Program Doktor (S3) Ilmu Pertanian kepada Rektor UMA.

“Juga ada penyerahan SK BAN-PT tentang akreditasi A untuk Magister Agribisnis dan S1 Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi yang diserahkan rektor kepada masing-masing ketua prodi. Selain itu, ada penyerahan apresisi kepada mahasiswa berprestasi UMA,” tutur Dadan.

Sementara itu, WR Bidang Kemahasiswaan UMA Muazzul mengatakan,  681 lulusan UMA yang diwisuda terdiri dari 554 orang dari program S1, yakni Fakultas Teknik 64 orang, Fakultas Pertanian 54 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 147 orang, Fakultas Hukum 26 orang, FISIP 26 orang, Fakultas Psikologi 208 orang dan Fakultas Biologi 29 orang.

Kemudian 127 orang dari Program Magister, yaitu Magister Psikologi 42 orang, Magister Administrasi Publik 16 orang, Magister Agribisnis 15 orang dan Magister Hukum 54 orang.

Ketua Panitia Wisuda Sri Irawati menambahkan, di luar arena wisuda, tepatnya di halaman kampus UMA digelar pameran dan bazar yang menampilkan  produk-produk mahasiswa UMA. (Nas)

Print Friendly