Banyak Desa di Sumut Belum Diterangi Listrik

Baskami Ginting
Baskami Ginting

KANALMEDAN –Kalangan wakil rakyat di DPRD Sumut meragukan mapping (pemetaan) yang dilakukan PT PLN (persero) wilayah Sumut, tentang adanya  292 desa yang belum teraliri lampu listrik.

Keraguan itu dinyatakan Wakil ketua dan anggota Komisi D DPRD Sumut Drs Baskami Ginting dan Analisman Zalukhu SSos MSP kepada wartawan, Kamis (4/5) di gedung dewan terkait hasil pertemuan Komisi D dengan PLN wilayah Sumut membahas program lisdes di Sumut, Selasa (2/5) di Sumut.
Dari pemaparan PLN Wilayah Sumut, lanjut Baskami maupun Analisman, disebutkan pihak PLN wilayah sedang melakukan mapping desa yang belum berlistrik di Sumut bekerjasama dengan pihak USU (Universitas Sumatera Utara). Tapi dari mapping yang dilakukan, ada sekira 292 desa di Sumut yang belum berlistrik.
“Kita masih ragu dengan jumlah desa yang dimapping, karena khusus di Kepulauan Nias terdiri dari empat kabupaten/kota sudah lebih dari jumlah desa yang disebutkan dan masih banyak desa di Nias belum berlistrik. Belum lagi di kabupaten lain. Di Sumut saja ada 33 kabupaten/kota. Apakah di kabupaten/kota lain sudah berlistrik semua,” tanya Analisman.
Harusnya, tandas kedua politisi PDI Perjuangan ini, pihak PLN wilayah melakukan pendataan yang valid disemua desa yang ada di Sumut. Jangan hanya mendata desa yang gampang dilihat dan dijangkau, karena masih banyak desa-desa tertinggal di Sumut yang belum menikmati aliran listrik, meski Indonesia sudah hampir 72 tahun merdeka. (Jen)
Print Friendly