Direktur Sekolah Pascasarjana Unpri: Penyelenggara Pendidikan Harus Siap Hadapi Industri 4.0

Direktur Sekolah Pascsarjana Unpri Dr Azharuddin SH MKn dan peserta seminar diabadikan dengan narasumber seminar nasional yang digelar Sekolah Pascasarjana Unpri.

KANALMEDAN – Sekolah Pascasarjana Universitas Prima Indonesia (Unpri) menggelar Seminar Nasional  “Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0” di aula Unpri, Jalan Ayahanda Medan, baru-baru ini.

Acara tersebut dihadiri Pendiri Unpri Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AIFM, Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard SH MKn,  Direktur Sekolah Pascsarjana Unpri Dr Azharuddin SH MKn,  Wakil Rektor I Unpri Seno Aji SPd MEng Prac dan Sekretaris Prodi Magister Ilmu Hukum Unpri Kartina Pakpahan.

Tampil sebagai pembicara Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Kristen Maranatha Prof Dr Wilson Bangun SE MSi,  Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabanjahe Dr Dahlan SH MH,  Ketua Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Medan (Unimed) Dr Jufri Darma SE MSi Ak CA,  dan Sekretaris Prodi Magister Kenotariatan Sekolah Pascasarjana UNpri Dr Elvira Fitriyani Pakpahan SHI MHum.

Direktur Sekolah Pascsarjana Unpri Dr Azharuddin SH MKn dalam sambutannya mengatakan, tema seminar ini sangat penting, mengingat saat ini Indonesia sedang berada dalam era digitalisasi.  

“Bukan hanya dari sisi pemerintah yang perlu dan siap dalam menghadapi revolusi industri 4.0, tetapi  penyelenggara pendidikan juga  menyiapkan SDM menghadapi era digital ini,” kata Azharuddin.

Karena itu, katanya, keberagaman disiplin ilmu yang ada di Sekolah Pascasarjana Unpri, dimaksudkan untuk menyiapkan SDM yang unggul, inovatif dan adaptif sesuai dengan perkembangan era digital.   “Sekolah Pascasarjana Unpri secara terus menurus mengupdate kurikulum, guna menyiapkan SDM yang siap menghadapi revolusi industry 4.0,” tandasnya.  

Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard SH MKn mengatakan, era revolusi industi 4.0 ini menjadi ihwal yang tak terelakkan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Karena itu, kata Tommy, seminar yang digelar Sekolah Pascasarjana Unpri ini sangat penting.

“Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 bukan hanya soal kesiapan infrastruktur yang harus baik, tetapi juga soal kualitas SDM harus mumpuni,” kata Tommy.

Sementara itu, Guru Besar FH Universitas Kristen Maranatha Prof Wilson Bangun dalam paparannya menjelaskan tentang berbagai pengalaman negara-negara terbelakang yang mengimpor peralatan cangih dalam pembangunan  ekonominya. Tetapi karena  kekurangan tenaga terampil, akhirnya mereka  akan terkendala pada pengoperasiannya.

“Negara yang berhasil dalam pembangunan ekonomi bila terdapat keseimbangan investasi pada  pembangunan sumber daya manusianya,” katanya.

Sedangkan Ketua Prodi Akuntansi Unimed Jufri Darma menjelaskan tentang ilmu akuntansi dan perkembangannya di dunia. Menurutnya, akuntansi adalah seni/proses/sistem informasi/teknologi informasi yang mencatat, mengklasifikasikan, mengihtisarkan dan melaporkan informasi. (Nas)

Print Friendly