Perebutkan 41 Medali Emas, USU Games 2019 Dibuka

Rektor USU Prof Runtung Sitepu (tengah) didampingi ketua panitia Doli Muhammad Jafar Dalimunthe menyerahkan obor kepada mahasiswa berprestasi menandai pembukaan USU Games 2019 di  pelataran parkir Gedung Biro Pusat Administrasi (BPA) USU, Jalan Dr Mansjur Medan.

KANALMEDAN- Perhelatan olahraga yang disandingkan dengan seni digelar untuk pertama kalinya di Universitas Sumatera Utara (USU) melalui USU Games 2019. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum, Kamis (31/10, di pelataran parkir Gedung Biro Pusat Administrasi (BPA) USU, Jalan Dr Mansjur Medan.

Pembukaan acara ditandai penyerahan obor dari Rektor USU kepada mahasiswa berprestasi dan pelepasan 4 ekor merpati.

Ketua Panitia USU Games 2019 Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE MSi dalam laporannya mengatan, USU Games 2019 yang memperebutkan piala bergilir Rektor USU dan 41 medali emas itu akan dimulai dari 4 – 28 November 2019.

Kegiatan ini menghadirkan beragam jenis perlombaan yang terbagi dalam beberapa 4 kategori besar yakni perlombaan olahraga, kesenian, e-sport, duta mahasiswa dan debat mahasiswa.

Diharapkan kegiatan ini mampu menarik banyak peserta dari kalangan mahasiswa USU. USU Games I ini mengusung tema “Solidaritas di Atas Rivalitas” dan direncanakan akan dijadikan sebagai event tahunan USU. “Sampai saat ini, jumlah peserta yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 573 orang,” katanya.

Doli mengucapkan terima kasih atan dukungan yang telah diberikan oleh Rektor USU beserta jajarannya hingga ke tingkat dekanat. Pemenang nantinya akan dipilih dari fakultas yang rekapitulasi emasnya paling banyak.

Rektor USU Prof Runtung Sitepu menyambut baik diselenggarakannya kegiatan USU Games ini. Dia mengharapkan even ini mampu mempererat hubungan antarfakultas dan membangun solidaritas di antara keluarga besar USU.

Rektor juga mengingatkan agar seluruh keluarga besar USU jangan sampai terpecah-pecah oleh alasan apapun.

“Dalam kompetisi ini, walaupun ingin meraih juara dan predikat terbaik, sportivitas harus tetap dijaga dan dijunjung tinggi. Jaga ketertiban selama kompetisi agar jangan sampai terjadi kesalahpahaman. Begitu juga dengan tim juri, diingatkan untuk selalu menjaga kepentingan yang lebih besar. Peganglah kejujuran dalam menilai,” kata Rektor.

Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa USU yang telah berhasil meraih banyak prestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Karena hal tersebut dapat menjadi modal yang cukup dalam memperbaiki peringkat USU pada sistem perankingan perguruan tinggi di Indonesia.

“Kita juga harus bersiap dengan terpilihnya menteri pendidikan dan kebudayaan yang baru, di mana usianya masih sangat belia, yang pasti akan berimbas pada kecepatan kinerjanya. Kita tentu harus juga menyesuaikan diri dengan iramanya, demi mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik,” imbuh Rektor USU.

Sementara itu, Presiden Mahasiswa USU M Iqbal Harefa mengatakan, berkompetisi di USU Games 2019 ini sesungguhnya adalah tentang merawat diri dan kampus tempat mereka menimba ilmu.

“Semoga USU Games ini dapat terus dirawat sehingga semakin berkualitas penyelenggaraannya. Juga didukung oleh fakultas masing-masing, khususnya untuk kelengkapan sarana atlit-atlit yang bertanding,” katanya. (Nas)

Print Friendly