LLDikti Dorong Mahasiswa Pascasarjana UMSU Hasilkan Riset

KANALMEDAN – Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (PPs UMSU) didorong menghidupkan ide-ide kreatif dan inovatif guna menghasilkan riset yang bermuara pada produk luaran karya ilmiah dalam bentuk jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional bereputasi dan prosiding.

Dorongan itu disampaikan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Prof Dian Armanto saat menjadi narasumber dalam pembekalan 300 mahasiswa baru PPs UMSU,  di aula PPs Jalan Denai Medan, kemarin.

Dian mengaku yakin mahasiswa program pascasarjana mampu melakukan riset karena misi kampusnya menciptakan mahasiswa dan lulusannya menjadi SDM unggul, cerdas dan terpercaya serta berkemajuan di tengah masyarakat.

“Saya yakin dengan UMSU, mahasiswa dan lulusannya. Dan UMSU satu-satunya PTS terakreditasi A di Sumut dan kedua di luar Pulau Jawa,” kata Prof Dian yang disambut tepuk tangan mahasiswa dan civitas akademika UMSU.

Dalam pembekalan bertema “Strategi Pembelajaran Pascarjana” ini, Prof Dian mengatakan, kewajiban untuk menghasilkan luaran dan publikasi karya ilmiah di jenjang strata 2 menjadi bukti mahasiswa dinyatakan sah menamatkan studi dan layak menyandang status magister.

Untuk itu pembekalan ini, lanjutnya, amat strategis, apalagi UMSU melakukannya setiap memasuki tahun ajaran baru untuk mahasiswa dan dosen.

Dengan demikian, lanjut Prof Dian, misi menciptakan lulusan yang unggul, cerdas dan terpercaya dengan risetnya yang terpublikasi  tidak hanya menjadi wacana tetapi dijalankan dengan baik oleh UMSU sesuai dengan peraturan Kemenristekdikti.

Prof Dian juga menyampaikan trik-trik dan metode pembelajaran S2 yang renyah agar mahasiswa sukses mengikuti perkuliahan sehingga dapat tamat 1,8 tahun atau tidak lebih dari 2  tahun.

Prof Dian juga menghamparkan peta riset dan menggapai ide kreatif dan inovatif  yang cespleng agar mahasiswa menghasilkan metode yang variatif pula untuk mendukung studi di jenjang magister yang tidak sama dengan strata-1.

Sebelumnya, Direktur PPs UMSU Dr Syaiful Bahri MSi mengatakan, pembekalan ini secara umum wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru S2 dan dosen yang akan menyelenggarakan kuliah perdananya. Setelah mengikuti kuliah umum pembekakan, mahasiswa masuk kelas untuk mengikuti perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh masing-masing delapan prodi dan disahkan oleh Direktur PPs UMSU.

Sebanyak 300 mahasiswa baru yang mengikuti pembekalan berasal dari delapan prodi magister, yakni Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Kenotariatan, Manajemen PendidikanTinggi, Matematika dan Elektro. Acara dibuka oleh WR I Dr M Arifin Gultom MHum dan dihadiri seluruh pimpinan prodi di lingkungan PPs UMSU beserta dosen. (Nas)

Print Friendly