F-PKS DPRD Medan Sarankan Puskesmas Buka 24 Jam


KANALMEDAN –Kota Medan terus terpapar kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, Jambi serta Sumatera Selatan (Sumsel). Semakin hari, kabut asap semakin tebal.

Anggota F-PKS DPRD Medan, Rajuddin Sagala meminta seluruh puskesmas di Kota Medan agar tetap buka selama 24 jam. Hal ini untuk mengantisipasi adanya warga yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

“Takutnya ada masyarakat yang terkena ISPA. Untuk memudahkan masyarakat berobat khususnya malam hari, tentu ada baiknya puskesmas buka 24 jam,” ungkap Rajuddin disela-sela perkenalan komposisi Fraksi PKS DPRD Medan dengan wartawan, Senin (23/9).

Politisi yang dipercayai menjadi Wakil Ketua DPRD Medan dari Fraksi PKS, meminta Pemko Medan melakukan terobosan dalam rangka mencari solusi persoalan kabut asap yang semakin mengkhawatirkan.

“Kita akan koordinasi dengan Pemko Medan, bagaimana dicari solusi dari masalah ini,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Fraksi PKS DPRD Medan, Syaiful Ramadhan menegaskan, pihaknya komitmen membantu masyarakat dalam rangka persoalan kabut asap.

“Saya baru dapat kabar, kalau DPC PKS Medan Maimun sore ini akan membagikan masker kepada masyarakat di kawasan Jalan Juanda,” terangnya.

LIBURKAN ANAK SEKOLAH

Anggota Fraksi PKS DPRD Medan, Dhiyaul Hayati mengimbau Pemko Medan agar meliburkan anak sekolah apabila kabut asap semakin tebal. Menurutnya, hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi anak-anak terkena ISPA (Inspeksi Saluran Pernapasan Akut).

“Kalau secara kasat mata kita lihat kabut asap semakin tebal. Kalau terus begini dan bertambah tebal, tentu lebih baik agar anak sekolah diliburkan,” tekannya.

Dia juga menyarankan, seluruh masyarakat untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Apabila beraktifitas diluar rumah lebih baik menggunakan masker.

“Puskesmas yang ada di Medan kami minta membagikan masker gratis kepada seluruh pasiennya,” bebernya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Medan, Rudianto Simangunsong mengatakan beberapa waktu lalu DPD PKS Medan meluncurkan program GALIBU (Gerakan Lima Ribu).

“Dari gerakan itu kami targetkan bisa mengumpulkan sumbangan hingga Rp100 juta untuk korban asap karhutla di Riau. Setiap DPC yang ada di kecamatan beserta keluarganya ditargetkan bisa mengumpulkan Rp5 juta. Ada 21 DPC, jadi sekitar Rp105 juta kalau terkumpul semua,” urainya.

Sebelumnya, DPD PKS Kota Medan mengumumkan komposisi susunan fraksi DPRD Medan untuk periode 2019-2024. Sebagai Wakil Ketua DPRD Medan utusan PKS, yakni Rajuddin Sagala. Ketua Fraksi, Rudianto Simangunsong, Sekretaris Fraksi, Syaiful Ramadhan,  Bendahara, Rudiawan Sitorus dan anggota, Irwansyah, Abdul Latif Lubis. Untuk penasehat fraksi, Dhiyaul Hayati.

Ketua Fraksi PKS DPRD Medan, Rudianto, menyebutkan, penetapan komposisi fraksi dari DPP PKS berdasarkan usulan dari daerah. “Untuk SK Pak Rajuddin sebagai Wakil Ketua DPRD Medan besok baru turun,” bilangnya. (Jen)

Print Friendly