Rombongan Perpustakaan UMA Studi Banding ke UC Thailand

Rombongan Perpustakaan UMA diabadikan bersama di depan Perpustakaan Universitas Chulalongkorn, Bangkok, Thailand.

KANALMEDAN – Rombongan Perpustakaan Universitas Medan Area (UMA) melaksanakan studi banding ke Perpustakaan Universitas Chulalongkorn (UC), Bangkok, Thailand. Rombongan berjumlah 14 orang itu dipimpin Kepala Perpustakaan UMA Ir Ina T Budiani MT.

Ina T Budiani didampingi Kabag Humas UMA Ir Asmah Indrawati MP kepada wartawan di kampus I UMA Jalan Kolam Medan Estate, Sabtu (7/9) mengatakan, pihaknya merasa beruntung diberi kesempatan melakukan studi banding di Universitas Chulalongkorn, Bangkok. Pasalnya, Universitas Chulalongkorn merupakan universitas tertua dan terbaik di Thailand selama tujuh tahun berturut-turut menurut QS World University Rankings,  serta menjadi 50 universitas teratas di Asia serta menduduki posisi 247 dunia.

Dalam studi banding yang digelar pada 26 Agustus lalu itu, rombongan Perpustakaan UMA disuguhi pemaparan oleh pustakawan senior Universitas Chulalongkorn Samorn Praisri dan Chanapat Ekkawat.

“Kami mendapat penjelasan mengenai Perpustakaan Chulalongkorn serta pengembangan dan layanan perpustakaan yang tersedia,” kata Ina Budiani.

Selain itu, kata Ina, rombongan juga diajak berkeliling melihat fasilitas serta proses kerja di Perpustakaan Chulalongkorn yang memiliki tujuh lantai. Mulai dari fasilitas ruang baca yang nyaman, auditorium, area diskusi, ruang istirahat pengunjung, studio rekaman yang dilengkapi dengan green screen, ruang produksi Chula TV, area Kings Chula Collection, ruang pengolahan koleksi kuno kerajaan serta berbagai perangkat multimedia yang lengkap dan modern.

Selain itu diperlihatkan koleksi digital Perpustakaan Chulalongkorn yang amat kaya, terdiri dari berbagai bentuk sumber informasi seperti ebook, prosiding, hasil penelitian, laporan, dan banyak lainnya.  Perpustakaan Chulalongkorn juga telah melanggan puluhan database jurnal demi memenuhi kebutuhan informasi civitas akademika Universitas Chulalongkorn.

“Yang patut diapresiasi dari Perpustakaan Chulalongkorn, selain fasilitas serta teknologi yang dimilikinya, juga karena keberhasilan perpustakaan tersebut menjadi pusat kegiatan civitas akademik. Mereka menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan pengelolaan universitas khususnya pada pengelolaan sumberdaya informasi universitas dan pengelolaan sumberdaya multimedia universitas. Perpustakaan Chulalongkorn telah menjadi office of academic resources atau kantor sumberdaya akademik,” kata Ina yang juga dosen Fakultas Teknik UMA.

Turut dalam studi banding itu, Pustakawan UMA Irsyad Hanif Hutagalung SSos, M Adly CK Saraan, SSos, Ramdani Ardiansyah SSos, Risky A Prasetya SSos, Diky Aditya SSos, Zunaidi Siregar SSos, Fahri Ilham Lubis SSos, M Rinaldo Marajari SSos, Dwi Ginanty SSos, Husnul M Nasution SSos, serta pendamping dari pihak universitas yaitu Ir Asmah Indrawati MP, Suwarni SSos, dan Rabiatul Adawiyah SPsi. (Nas)

Print Friendly