Kanwil Kemenagsu Akan Gelar Festival Gordang Sambilan

Kakanwil Kemenagsu Iwan Zulhami bersama Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution serta pejabat jajaran Kemenagsu.

KANALMEDAN – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara akan menggelar Festival Gordang Sambilan antarmadrasah se Sumatera Utara di Mandailing Natal (Madina).

Menurut Kakanwil H Iwan Zulhami, kearifan budaya lokal seperti gordang sambilan harus  dilestarikan, dan punya generasi generasi yang mencintai budaya ini.

“Jangan sampai budaya lokal kita ini dicaplok oleh negara tetangga,karena  budaya gordang sambilan adalah budaya kita, warisan nenek moyang kita, opung opung kita di Mandailing Natal ini, karenanya kita harus jaga dan pelihara  dengan sebaik baiknya” harap Kakanwil pada pertemuan dengan Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution di pendopo rumah dinas bupati, Senin (19/8).

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan, tujuan festival gordang sambilan yang direncanakan diikuti  lebih dari 100 peserta dari seluruh madrasah, bertujuan untuk menanamkan kecintaan madrasah akan budaya lokal.

“Salahsatu misi Kementerian Agama dan madrasah di Sumatera Utara  adalah melestarikan kearifan budaya lokal yang menjadi kekayaan bangsa dan Negara kita,” kata Iwan Zulhami.

Sementara itu, Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution mengapresiasi dan menyambut baik rencana pelaksanaan Festival Gordang Sambilan antarmadrasah se Sumatera Utara yang diprakarsai oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.

“Pemerintah dan seluruh masyarakat Mandailing Natal siap sebagai tuan rumah penyelenggaraan festival ini, dan mensukseskannya,” tegas Bupati Mandailing Natal.

Kakanwil dan Bupati Madina menyaksikan para siswa siswi MAN 1 Mandailing Natal memainkan gordang sambilan dengan penuh semangat dan mahir dalam memukul sembilan gordang dan seruling, yang membuat kakanwil dan bupati serta pejabat Kemenag dan Pemkab takjub menyaksikannya. (Sor)

Print Friendly