MAN 1 Medan Gelar Sosialisasi RPP

Kakanwil Kemenagsu Iwan Zulhami saat memberikan arahan pada Sosialisasi RPP di MAN 1 Medan.

KANALMEDAN – MAN 1 Medan melaksanakan Sosialisasi Rencana Pembelajaran  (RPP) di ruang guru madrasah tersebut, Minggu ( 21/7).

Acara RPP dibuka Kakanwil Kemenagsu  H. Iwan Zulhami, SH, MAP dan dihadadiri Kasi Kurikulum dan Evaluasi MA/MAK Kemenag RI Dr H Suardi MPd.

Kepala MAN 1 Medan Maisaroh, S.Pd, M.Si mengatakan,  sosialisasi RPP sangat berguna untuk para guru dalam menunjang proses pembelajaran agar tidak keliru memberikan pelajaran kepada murid. Di samping itu, kata Maisaroh,  juga agar guru mahir membuat RPP sendiri, tidak lagi mencontoh buatan guru lain.

Sementara itu, Kakanwil Kemenagsu Iwan Zulhami mengatakan, madrasah harus lebih baik dari sebelumnya terutama dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran yang akan mempengaruhi kinerja guru khusunya pekembangan peserta didik di dalam kelas.

Kanwil juga minta pada seluruh guru madrasah untuk mengubah mindset dalam mengajar.

Kasi Kurikulum dan Evaluasi MA/MAK Kemenag RI Dr. H Suardi, MPd sebagai pemateri menyampaikan pentingnya bagi seorang guru mempersiapkan perangkat pembelajaran sebelum berdiri di depan kelas.

Di samping itu,  seorang guru harus bahagia dan merdeka agar muncul kreativitas dalam mengajar sehingga tercipta murid yang hebat, dan berprestasi. “Tetapkan output terlebih dahulu barulah seorang guru memikirkan input dan proses pembelajaran,” katanya.

Dijelaskannya, sosialisasi RPP bertujuan untuk menciptakan guru madrasah yang berkualitas yang memiliki 4 poin penting yaitu Kompetensi, Komitmen, Konsisten, dan Kreatif  

“Kelengkapan administrasi dan perangkat pembelajaran yang dipersiapkan secara baik dan penuh tanggung jawab akan melahirkan siswa/i madrasah yang berprestasi sehingga terwujudlah madrasah yang hebat dan bermartabat,” katanya. (Sor)

Print Friendly