DPRD Harapkan CCTV Dipasang pada Ruas Jalan Rawan di Medan

KANALMEDAN – Ketua Komisi I DPRD Medan, Sabar Sitepu mendorong Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar memasang Closed Circuit Television (CCTV) pada setiap ruas jalan yang ada di Kota Medan, khususnya daerah yang rawan aksi kriminalitas.

Dia meyakini, keberadaan CCTV tersebut dapat membantu pihak kepolisian untuk menjaga situasi Kota Medan agar tetap aman dan kondusif. Apalagi bila terjadi tindak pidana, petugas dapat terbantu untuk mengusut para pelakunya.

“Saat ini rawan tindakan kriminalitas, seperti begal. Sehingga kita dorong agar dipasang CCTV di ruas jalan, ini untuk mempermudah kepolisian dalam melakukan pengungkapan kasus,” ujar Sabar kepada wartawan, Selasa (23/7).

Untuk tahap awal, sambung penasehat Fraksi Partai Golkar DPRD Medan itu, CCTV dapat dipasang pada titik-titik rawan tindakan kriminalitas. Untuk lokasinya, Pemko Medan bisa berkordinasi dengan pihak kepolisian.

“Kita minta program ini sudah dimulai di P-APBD, untuk awal daerah rawan dulu. Di APBD 2020, kita minta semua ruas jalan dipasangi CCTV,” sebutnya.

Ditegaskannya, pemerintah berkewajiban membantu aparat kepolisian memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Saat ini CCTV hanya ada di persimpangan trafic light, milik Dishub Medan. Kalau semua ruas jalan dipasangi CCTV, penjahat akan berfikir dua kali untuk melakukan tindakan kriminalitas,” tandasnya. (Jen)

Print Friendly