Kemenagsu Akan Bangun Madrasah Terpadu di MAN 3 Medan

KANALMEDAN – Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara akan segera memiliki madrasah terpadu, dan  ini nantinya menjadi  madrasah terpadu pertama di luar Jawa.

” Ini bukan hanya sekedar wacana akan  tetapi sudah melalui perencanaanan yang matang dan anggaran untuk itu,  insya Allah akan terealisasi pada tahun 2020 sebesar Rp 30 Milyar,” kata Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami SH MAP pada acara sosialisasi penguatan profesionalitas guru madrasah terpadu di Hotel Garuda, Sabtu (13/7).

Acara yang digagas tiga kepala  madrasah ini yaitu  Kepala MAN 3 Medan  Nur Kholidah Lubis, Kepala MTsN 1 Medan,   Pangurabaan Nasution,  dan kepala  MIN 9 Medan  Rini, dihadiri 200 orang peserta  terdiri dari guru dari  ketiga madrasah tersebut.

Menurut Kakanwil, madrasah di Sumut masih ‘jalan ditempat’ jika dibandingkan dengan madrasah yang ada di Pulau Jawa. Oleh karena itu, Kakawil Kemenagsu mengajak dan mendorong semua warga madrasah Sumut  supaya bersinergi   melakukan suatu perubahan secara totalitas kearah yang lebih baik.

“Kita harus optimis dan hakkul yakin bahwa kita bisa melakukan suatu perubahan dan  melahirkan inovasi baru termasuk  madrasah terpadu hebat bermartabat” kata Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil menjelaskan, salah satu lokasi yang pas dan cocok dijadikan madrasah terpadu adalah kawasan MAN 3 Medan, karena di lokasi  itu sudah ada berdiri  MTsN dan MIN. Di lokasi tersebut nantinya akan dibangun kantor terpadu, lab dan ruang kelas, juga perparkirannya akan di tata dengan baik.

Terkait akan dibangunnya kawasan MAN 3 jadi madrasah terpadu, Kakanwil minta pada semua tenaga pendidik dan kependidikan supaya  meningkatkan kinerja dan profesionalitasnya, karena hal itu sangat menentukan keberhasilan  madrasah.

” Mari kita pelajari, pahami dan amalkan lima nilai budaya kerja Kemenag” harap Kakanwil.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga minta pada wali-wali kelas agar menata dan bertanggungjawab pada kelas yang di pimpinnya.

” Mari berlomba-lomba menata kebersihan  kelas, karena dari unit kecil ini akan lahir hasil yang lebih besar, ” kata Iwan.

Sementara itu, Kepala MAN 3 Medan, Nur Kholidah Lubis, memberi apresiasi dan terimakasih pada Kakanwil atas kehadirannya membuka acara  tersebut. Ia berharap, semua peserta yang hadir menyambut dan bersinergi untuk mewujudkan gagasan besar Kakanwil Kemenagsu  tersebut. (Sor)

Print Friendly