SBMPTN 2019: 2.584 Lolos Unimed, 3.091 USU

KANALMEDAN – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia diumumkan, Selasa (9/7) mulai pukul 15.00 WIB melalui laman https://pengumuman.sbmptn.ltmpt.ac.id. Lewat jalur SBMPTN ini, sebanyak 2.584 peserta lolos ke Universitas Negeri Medan (Unimed) dari 22.692 pendaftar, dan 3.091 peserta lolos Universitas Sumatera Utara (USU) dari 36.585 peminat.

Hal itu diungkapkan Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd dan Wakil Rektor I USU Bidang Akademik,  Kemahasiswaan, dan Kealumnian Prof Dr Ir Rosmayati MS secara terpisah di Medan, Selasa (9/7) sore.

“Ada lima program studi (Prodi) favorit di Unimed jalur SBMPTN 2019 yang peminatnya tertinggi, yakni Prodi PGSD FIP dengan jumlah pendaftar 1.848, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA dengan 1.127 pendaftar, Prodi Pendidikan Biologi FMIPA dengan pendaftar 1.011 orang, Prodi Pendidikan Fisika FMIPA dengan pendaftar 848 orang, dan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dengan pendaftar 818 orang,” kata Syawal di Kampus Unimed.

Didampingi Kepala Humas Muhammad Surip, Prof Syawal Gultom mengucapkan selamat kepada orangtua yang anaknya dinyakan lolos ke Unimed melalui jalur SBMPTN.

“Kami sangat senang anak-anak bapak/ibu telah dinyatakan lulus dan menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, karena sudah bergabung menjadi warga Unimed. Kami sampaikan kepada kedua orangtua/wali untuk mensyukuri nikmat Allah Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan dapat lulus jalur SBMPTN ke Unimed,” tambah Syawal.

Dijelaskannya, peserta SBMPTN yang dinyatakan lolos ke Unimed merupakan hasil tes murni Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang nilainya sudah diketahui oleh siswa pendaftar sebelum mendaftar jalur SBMPTN.

Bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SBMPTN, kata Syawal, masih punya kesempatan untuk bersaing kembali di jalur Mandiri yang pendaftarannya sudah dimulai sejak 1 Juli dan akan ditutup 20 Juli 2019.

“Percayalah, jika saudara yakin, tetap berusaha, dan serius dalam belajar, mudah-mudahan dapat lulus di Unimed,” kata Syawal memotivasi.

Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, tambah Syawal, segeralah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang dan lihat jadwal-jadwal penting untuk melakukan daftar ulang, agar tidak terlambat.

Dia juga meminta peserta yang dinyatakan lulus jalur SBMPTN di Unimed segera melihat informasi tentang tata cara registrasi ulang mahasiswa baru dan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan. Informasi tersebut dapat dilihat di laman www.unimed.ac.id.

USU 10 Besar

Sementara itu, WR I USU Prof Dr Ir Rosmayati MS mengatakan, dari  3.091 peserta jalur SBMPTN yang diterima di USU, sebanyak 2.463 peserta berasal dari Sumatera Utara dan 628 orang dari luar Sumatera Utara.

“Untuk Tahun ini USU juga masuk dalam 10 besar jumlah peminat SBMPTN terbanyak di seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, dengan jumlah peminat sebesar 36.585 peserta yang memilih USU,” kata Rismayati didampingi Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Elvi Sumanti, ST, M Hum, di kampus USU, Selasa (9/7) sore.

Untuk  program studi favorit yang tinggi peminatnya pada tahun ini, kata Rosmayati, antara lain Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (1.561 peminat), Prodi Agro Ekoteknologi (1.387), Prodi Kehutanan (1.324) pada kategori saintek (IPA) dan Prodi Ilmu Hukum (1.822), Prodi Ilmu Administrasi Negara (1598), Prodi Ilmu Administrasi Bisnis (1471) pada kategori Soshum (IPS).

“Sebaran latar belakang pendidikan para peserta SBMPTN 2019 di USU masih didominasi oleh peserta dari SMU sebanyak  30.212 peserta. Sedangkan peserta yang berasal dari SMK, MA dan sekolah lainnya berjumlah 6.373 peserta,” kata Guru Besar Fakultas Pertanian USU ini.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Humas USU Elvi Sumanti mengimbau calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, melakukan tahapan pengisian data UKT (Uang Kuliah Tunggal) yang dibuka mulai 10 hingga 16 Juli 2019. Dilanjutkan dengan pembayaran UKT pada 25-30 Juli 2019. Tatacara pengisian dan pembayaran UKT ini dapat dilihat pada laman www.usu.ac.id.

Bagi yang belum lulusmelalui jalur SBMPTN, kata Elvi, masih bisa masuk USU melalui jalur Program Mandiri yang pendaftaran onlinenya sudah dibuka sejak 11 Juni 2019 hingga 17 Juli 2019 melalui laman https://penerimaan.usu.ac.id, dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000 melalui Bank BNI.

“Ujian Tulis Mandiri dijadwalkan akan dilaksanakan pada 20 Juli 2019, dengan lokasi ujian berada di lingkungan Kampus USU Medan. Hasil dari ujian Mandiri ini akan diumumkan pada 27 Juli 2019 mendatang yang bisa dilihat melalui laman https://penerimaan.usu.ac.id,” tambah Elvi

Dilanjutkan Kahumas, USU juga membuka peluang bagi masyarakat di Sumut yang tetap berminat untuk kuliah di USU, jika tidak lulus melalui jalur SBMPTN dan Mandiri, dapat mencoba pada seleksi Program Diploma (D III) USU. Pendaftaran untuk program Diploma ini dibuka pada tanggal 8 hingga 31 Juli 2019. Ujian tulisnya akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2019 dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 10 Agustus 2019 yang bisa dilihat melalui laman http://spmpd.usu.ac.id. (Nas)

Print Friendly