Kloter 01 Calhaj Kota Medan Masuk Asrama 11 Juli

KANALMEDAN – Sebanyak 2.283 orang jemaah calon haji (calhaj) Kota Medan siap untuk diberangkatkan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada musim haji tahun 1440 H/2019 M.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Medan, H. Mashudi S.Sos, MAP  (foto) pada acara Manasik Haji Akbar jemaah calon haji Kota Medan di Asrama Haji Medan, Kamis (4/7).

Mashudi mengatakan, manasik haji akbar se-Kota Medan  diikuti seluruh jemaah yang akan menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 1440 H dari 21 kecamatan yang ada di kota Medan.

Dalam manasik, kata Mashudi, selain diberikan teori tentang ibadah haji, juga peragaan lapangan seolah-olah suasana di tanah suci, yakni Muzdalifah,  Arafah dan Mina hingga tawaf mengelilingi Ka bah, dan Sai .

“Hal itu dilakukan para calon jemaah haji untuk mengetahui tentang tahapan-tahapannya dan memantapkan kembali apa yang telah mereka peroleh selama manasik di KBIH maupun manasik oleh KUA Kecamatan se Kota Medan,” kata Mashudi seraya menambahkan bahwa  jemaah haji  asal Kota Medan tergabung di 13 kelompok terbang dari 22 kloter Embarkasi Medan.

Menyinggung persiapan paspor calon jemaah haji,  Mashudi mengatakan, sudah rampung 99 persen dimana paspor jamaah tersebut telah dikirim ke Kanwil Kemenag Sumut untuk diproses ke Jakarta, untuk mendapatkan visa Haji. Sehingga diharapkan jemaah asal Kota Medan tidak ada kendala untuk mendapatkan visa Haji dan dapat diberangkatkan sesuai dengan pembagian kelompok terbang.

Embarkasi Medan pada musim haji tahun ini akan memberangkatkan 8.466 calon jemaah haji, termasuk petugas kloter. Mereka tergabung  22 kelompok terbang dan setiap kloter terdiri 393 orang jemaah.

Untuk kloter pertama, jemaah adalah asal Kota Medan, masuk asrama haji pada tanggal 11 Juli dan kelompok terbang pertama akan dilepas keberangkatan menuju Madinah Arab Saudi pada 12 Juli malam hari. (Sor)

Print Friendly