UMA – ICSB Sumut Gelar Seminar Kewirausahaan 


Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc menyerahkan cenderamatan kepada Dr Banowati Talim dari ICSB Indonesia seusai penandatanganan naskah MoU.

KANALMEDAN – Universitas Medan Area (UMA) bekerjasama dengan International Council For Small Business (ICSB) Sumatera Utara (Sumut) memperingatu Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Internasional, di convention hall Kampus I UMA, Jalan Kolam Medan Estate, Jumat (28/6) siang.  

Peringatan Hari UMKM Intersional tersebut diisi dengan Seminar Kewirausahaan bertajuk “Brand Local Go Public” dan penandatanganan naskah kesepahaman kerja sama antara UMA dan ICSB Indonesia.

Naskah MoU ditandatangani Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc dan Dr Banowati Talim dari ICSB Indonesia, disaksikan Wakil Rektor III UMA Muazzul SH MHum, Ketua Pusat Karier dan Kewirausahaan (PKK) UMA Ahmad Praydi SE MM dan Ketua Koordinator Wilayah (Korwil) ICSB Sumut Deni Ir Faisal Mirza MM.

Seusai penandatanganan naskah MoU dilanjutkan dengan seminar nasional dengan pembicara Prof Dr Yusniar Lubis dari UMA (pengurus ICSB Sumut) dan Dr Banowati Talim dari Universitas Katolik Parahyangan yang juga pengurus ICSB Indonesia.

Rektor UMA dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari UMKM Internasional yang jatuh pada 27 Juni 2019.

Ketua PKK UMA Ahmad Praydi SE MM dan Ketua Korwil ICSB Sumut Deni Ir Faisal Mirza MM diabadikan bersama narasumber dan peserta seminar kewirausahaan.

Menurut Rektor, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan menarik sebagai upaya universitas dalam menciptakan lulusan yang siap bersaing, inovatif, berkepribadian dan mandiri sesuai dengan visi UMA.

“Jadi, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada PKK UMA dan ICSB Sumut sebagai penggas kegiatan. Ini menjadi bagian terpenting UMA dalam berbenah guna mempersiapkan lulusan yang siap bersaing di era revolusi industri 4.0,” ujar pria kelahiran Bandung, 5 Februari 1964 ini.

Ketua PKK UMA Ahmad Prayudi yang juga ketua panitia seminar mengatakan, sesuai dengan visi misi “Melahirkan Lulusan Inovatif, Berkepribadian dan Mandiri” maka UMA memberikan perhatian lebih terhadap wirausaha dan UMKM.

Dia menyatakan bangga atas antusiasme peserta mengikuti seminar kewirausahaan tersebut. “Kami hanya mengundang peserta lewat media sosial dalam beberapa hari saja. Begitu pendaftar mencapai 120 orang langsung kami tutup, sesuai dengan daya tampung tempat acara,” katanya seraya menambahkan para peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dosen dan umum.     

Ketua Korwil ICSB Sumut Ir Deni Faisal Mirza MM dalam sambutannya mengatakan, kendati baru berdiri sejak setahun lalu, namun pihaknya telah berhasil membentuk ICSB di 7 kabupaten/kota di daerah ini, yakni Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batu Bara, Asahan, Binjai dan Langkat.

“Pada tahun ini, kami menggelar kegiatan Hari UMKM Internasional di tiga perguruan tinggi. Selain UMA juga digelar UISU dan STIE Tritech Nusa Bangsa,” katanya.

Dijelaskannya, ICSB berkantor pusat di Washington, AS, merupakan organisasi nonprofit global beranggotakan 80 negara dan memiliki afiliasi regional di 16 negara, termasuk Indonesia. ICSB rsebut berfungsi sebagai organisasi payung yang mengintegrasikan kegiatan beragam organisasi dan profesional yang berhubungan langsung dengan bisnis kecil. (Nas)

Print Friendly