Mahasiswa UMA Didorong Jadi Pebisnis Tangguh

KANALMEDAN – Dalam rangka mendorong munculnya wirausahawan muda di perguruan tinggi, Ditjen Belmawa Kemenristekdikti kembali menyelenggarakan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) tahun 2019. Program KBMI diharapkan mampu mendukung visi-misi Universitas Medan Area (UMA) yaitu mewujudkan kemandirian.

“Melalui kegiatan ini saya berharap mahasiswa mendapat pembekalan supaya bisa menjadi pebisnis atau wirausaha tangguh,” kata Rektor UMA Prof Dr Ir Dadan Ramdan MEng MSc ketika membuka Sosialisasi KBMI 2019 di Ruang Serbaguna Kampus I Jalan Kolam Medan Estate, Sabtu (23/3).

Sosialisasi menggandeng BPJS Ketenagakerjaan bertema “Inovasi untuk Mandiri Berkarya di Wirausaha” itu dihadiri mahasiswa UMA dari berbagai fakultas dan juga mahasiswa STIKes Mitra Husada.

Tampil sebagai pembicara pada sosialisasi itu Ketua Entrepreneur and Career Development/Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karier (E&CD) UMA Ahmad Prayudi SE MM, Account Representative Khusus BPJS Ketenagakerjaan Kurniadi, Mentor KBMI 2018 Kak Djojo, dan Fasilitator KBMI 2019 Dikti yang juga pemenang KBMI 2018 Mina Riang Hia.

Rektor menuturkan, visi UMA yang inovatif, berkepribadian dan mandiri sangat sesuai dengan tujuan sosialisasi KBMI 2019 itu, yakni menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif, inovatif berbasis teknologi.

Dijelaskannya, inovasi, berkepribadian dan mandiri itu harus terintegrasi. “Dalam berinovasi punya kepribadian yang mandiri,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua E&CD UMA Ahmad Prayudi mengakui, KBMI memang selalu diminati mahasiswa UMA dan luar.  “Tiap tahun acara ini selalu padat peserta. Ini tahun ketiga kegiatan ini diadakan di UMA, dan kali ini bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” kata Prayudi.

Disebutkannya, KBMI bertujuan untuk menumbuhkan karakter wirausaha, dan menemukan celah pasar yang tepat guna meningkatkan peluang keberhasilan bisnis.

Dia menjelaskan, tahapan KBMI tahun 2019 meliputi pengusulan proposal, pelatihan rencana bisnis, penetapan penerima hibah KBMI, pendampingan wirausaha, monitoring evaluasi dan ekspo KMI sebagai puncak kegiatan KBMI.

“Atas dasar itulah itu E&CD UMA melaksanakan Sosialisasi dan Review Proposal Program KBMI 2019,” ujarnya.  (Nas)

Print Friendly