Keluarga Fondasi Penting Pembangunan SDM

KANALMEDAN – Keluarga merupakan fondasi penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Keluarga juga merupakan komponen utama tercapainya pembangunan berkelanjutan. Karena  keluarga yang kokoh dan tangguh merupakan kebutuhan mendasar negara.

“Hal ini sejalan dengan agenda prioritas pembangunan dalam Nawa Cita yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia,” kata Kakanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami pada acara  Bimbingan Teknis Fasilitator Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Tahun 2019 di Raz Hotel Medan, Senin ( 18/3).

Lebih lanjut Iwan  mengatakan, membangun keluarga yang kokoh memerlukan ikhtiar sungguh sungguh yang dimulai dari mempersiapkan pasangan calon pengantin dan remaja usia nikah memasuki mahligai rumah tangga.

“Calon pengantin perlu mendapat pengetahuan tentang cara mewujudkan keluarga bahagia, membangun kesadaran bersama, mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas, mengatasi berbagai konflik keluarga, memperkokoh komitmen serta berbagai keterampilan untuk menghadapi tantangan kehidupan global yang semakin berat,” katanya.

Iwan Zulhami menambahkan, program bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin adalah wujud kesungguhan Kementerian Agama dalam memastikan pembangunan bangsa melalui keharmonisan perkawinan yang ideal, maka untuk menjamin akuntabilitas pelaksanaan bimbingan perkawinan harus tersedianya sumber daya manusia melalui penyiapan para fasilitator yang nantinya akan bertugas sebagai pelaksana dan narasumber pada kegiatan Bimwin di daerah.

“Dalam pernikahan dibutuhkan persiapan baik mental, finansial dan pengetahuan tentang pernikahan. Maka perlulah adanya bimbingan pra nikah sebelum melaksanakan pernikahan agar mengetahui kehidupan pernikahan kelak dan mempersiapkan diri untuk kehidupan rumah tangga nanti,” ungkap Kakanwil Kemenag Sumut.

Hadir dalam kesempatan itu, Kabid Urais Dr H Syafii MA, Kasi Kepenghuluan H Arifin SAg dan  Ansor Pohan SH dan panitia Edy Munawar MA. (Sor)

Print Friendly