LSN 2017 Region Sumatera III Dimulai, 43 Tim Akan Berlaga

TENDANG : Penanggungjawab LSN 2017 Region Sumatera III, Drs Ance Selian, menendang bola pada acara pembukaan di Stadion Mini Disporasu, Jalan Pancing Medan. (Kanalmedan/Mayjen Simanungkalit)
TENDANG : Penanggungjawab LSN 2017 Region Sumatera III, Drs Ance Selian, menendang bola pada acara pembukaan di Stadion Mini Disporasu, Jalan Pancing Medan. (Kanalmedan/Mayjen Simanungkalit)

KANALMEDAN –  Liga Santri Nusantara (LSN) 2017 Region Sumatera III, telah dimulai, ditandai dengan tendangan bola oleh Kadispora Provsu H Baharuddin Siagian dan Penanggungjawab LSN Region Sumatera III Drs Ance Selian di Stadion Mini Disporasu Jl Pancing Medan, Sabtu (26/08/2017) pagi ini.

Laga akan diikuti 43 tim sepakbola dari Pondok Pesantren di Sumatera Utara dan akan berlangsung hingga Minggu 10 September 2017 mendatang.

Khusus Region Sumatera III, laga sepakbola akan berlangsung di tiga zona, meliputi Me­dan sekitarnya diikuti 14 tim, zona Ma­dina diikuti  9 tim, zona Pa­luta-Palas diikuti  15 tim, dan zona Asa­han-Tanjung Balai 5 tim.

Khusus Zona Medan sekitarnya, 14 tim yang berlaga yakni Darul Ara­fah Raya FC, Islamic Center (SSB Islamic), Islamic Center FC, Al-Kautsar Al-Ak­bar FC, Darul Quran (Daqu FC), DH TPI FC, Al Mukhli­sin, Mawa­ridus­salam (Mawa­rid FC), Mawa­ridussalam (Ass­lam FC), Al Qomariyah FC, Fazrul Iman FC, Raut Da­rul Hasanah (SSB RH FC), Nurul Hakim (SSB PN SH), dan Ta’dib AS Sya­kirin FC.

Untuk mencari ju­ara tingkat provinsi sekaligus menjadi per­wakilan Sumut ke tingkat nasional yang akan di­gelar di Bandung, Jawa Ba­rat pada Oktober mendatang, juara-jura dari zona tersebut akan berlaga lagi di kota Medan. Pihak panitia berharap, stadion mini Dispora dapat dimanfaatkan, guna merampungkan laga antar zona tersebut.

“LSN 2017 ini merupakan kali kedua setelah tahun lalu  sukses dilaksanakan  dengan mengutus tim sepakbola dari Pesantren Darul Arafah Lau Bekri Deli Serdang ke tingkat nasional”, kata Penanggungjawab LSN Re­­gion Suma­tera III, Drs Ance Selian didampingi Ketua Region Kali Akhmad Harahap SAg  dan Panitia Alihot Sinaga.

Perhelatan tahunan Nahdlatul Ulama (NU) dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga itu, bertujuan meningkatkan silatura­him sesama santri, mulai dari ting­kat kabupaten/kota hingga na­sional. Sekaligus mencari bibit pesepakbola usia dini dari ka­langan santri menjadi atlet na­sional.

Sementara Kadispora Sumut, H Ba­ha­ruddin Siagian SH MSi saat membuka kegiatan antara lain mengatakan, LSN sangat positif bagi pembentukan karakter generasi muda. Karenanya dia me­n­gapre­siasi penyeleng­ga­raan event ini, karena dinilai po­sitif bagi pelajar khu­susnya para santri.

“Pesantren bukan semata un­tuk menuntut ilmu keaga­maan saja, tetapi bagaimana turut membina dan mema­sya­rakatkan olahraga salah satu­nya sepakbola. Maka saya berharap event ini tiap tahun harus diselenggarakan”, katanya.(Jen)

Print Friendly