Persiapan Calhaj Kota Medan Hampir Rampung

KANALMEDAN – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan, Dr Impum Siregar MA mengatakan, persiapan jamaah calon haji (Calhaj) Kota Medan musim haji tahun 2024 hampir rampung.

Hal ini ditandai dengan Calhaj telah melakukan pelunasan dan sudah mengikuti serangkaian proses pengumpulan dokumen seperti paspor. Selain itu, jamaah juga sudah mengambil koper di Asrama Haji.

“Kelengkapan pelaksanaan ibadah haji dengan mengikuti manasik haji, akan dilaksanakan beberapa hari ke depan. Ini sangat membahagiakan, karena pelaksanaan manasik haji di masing-masing kecamatan berlangsung lebih awal. Sehingga jamaah semakin mantap persiapannya untuk berangkat ke Tanah Suci,” kata Impun, Rabu (17/4).

Menurut Impun, manasik haji sangat perlu dalam rangka memantapkan diri menjadi jamaah mandiri.

Terkait pelaksanaan manasik haji di kecamatan, Impun mengimbau agar Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) turut memberikan dukungan dan berkolaborasi dengan Ka KUA Kecamatan sebagai pelaksanaan manasik di kecamatan. Perlu juga melibatkan penyuluh agama.

Manasik haji bertujuan untuk memantapkan dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pelaksanaan ritual ibadah haji. Jangan sampai ibadah haji kita tidak sah, karena kekurangan ilmu.

Dalam kesempatan itu, Impun juga mengatakan bahwa Kemenag Medan akan menggelar manasik haji Akbar pada 28-29 April, guna lebih memantapkan pengetahuan jamaah tentang ilmu perhajian. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.