39 Siswa SMAN 1 Delitua Lulus Jalur SNBP

Kepala Sekolah SMAN 1 Deli Tua Tohom Paha Mei Banjarnahor S.Pd.M.Si

KANALMEDAN – Sebanyak 39 dari 378 siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Deli Tua lulus jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung siswa SMAN 1 ini ada yang lulus di Universitas Tarakan Kalimantan Utara.

“Tahun ini persentase meningkat tetapi siswa yang lulus SNBP menurun. Karena tahun lalu, 46 siswa nya lulus melalui jalur prestasi,”ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Deli Tua Tohom Paha Mei Banjarnahor S.Pd.M.Si kepada Wardiksu (Forum Wartawan Pendidikan Sumatera Utara), Senin (15/04/2024) di ruang kerjanya.

Tohom pun merincikan dari 39 siswa yang lolos PTN tersebut di antaranya 3 lolos di Universitas Sumatera Utara (USU), 13 siswa lolos di Universita Negeri Medan (Unimed), 6 siswa di Universitas Negeri Sumatera Utara (Uinsu), Polmed 6 siswa, Universitas Syah Kuala 1 siswa dan 1 siswa di Malikul Saleh, serta 1 siswa lolos di Tarakan Kalimantan Utara.

Lelaki yang lulusan S2 USU ini mengaku berbagai cara dilakukan agar siswa didiknya banyak yang lulus di PTN dari jalur SNBP.

“Berbagai upaya kami lakukan seperti mengikuti diklat guru-guru agar serius meningkatkan pelajaran sehingga anak-anak bisa siap dan lulus,”ujarnya.

Tohom pun menjelaskan saat ini guru dituntut harus terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Materi pelajaran harus sesuai dengan kurikulum agar bisa mempersiapkan anak didik siap bersaing dalam SNBP.
“Kami juga melakukan kerjasama dengan beberapa Bimbel. Dan mengadakan bimbingan belajar kepada anak-anak yang mau kuliah,” tegasnya.

Tidak sampai di situ, Tohom juga terus memotifasi siswa kelas XII yang tidak mau kuliah agar berminat kuliah. Memberikan penyuluhan advokasi agar siswa yang tamat dari SMAN 1 Deli Tua memiliki informasi. Walaupun tidak kuliah tetapi bisa bekerja tanpa tergantung kepada orang tua.

“Kami terus menempah siswa dengan sistem ekonomi. Di mana kami terus memberi pemaham cara berdagang dan semacamnya. Niat baik jika tidak dikomunikasikan dengan baik tidak akan tersampaikan dengan baik. Dan sebaliknya jika niat baik dikomunikasikan dengan baik akan tersampaikan dengan baik juga,”harapnya. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.