Kanwil Kemenagsu Silaturahmi dengan Wartawan

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kanwil Kemenagsu), H Ahamd Qosbi SAg MM, silaturahmi dengan wartawan lintas media, Jumat ( 8/3).

Dalam pertemuan silaturahmi tersebut, Kakanwil diwakili Kabid Haji Zulfan menyampaikan beberapa program prioritas Kemenag dan terkait dengan peyambutan Bulan suci ramadan tahun 1445 H/ 2024 M.

Zulfan mengatakan, menyikapi potensi perbedaan penetapan 1 ramadan agar tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan saling menghormati.

Selain hal tersebut, Kakanwil juga menyampaikan, sesuai Surat Edaran Menteri Agama tentang panduan penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri terdapat delapan imbauan diantaranya, umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan syiar pada bulan ramadan dengan tetap mempedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musola.

Kemudian m, dalam melaksanakan berbagai kegiatan di masjid, musola, dan tempat lain dalam rangka syiar ramadan dan menyampaikan pesan-pesan taqwa serta mempererat persaudaraan sesama anak bangsa.

Takbiran Idul Fitri dilaksanakan di masjid, musola, dan tempat lain dengan ketentuan mengikuti Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musola.
Sedangkan untuk takbir keliling dilakukan mengikuti ketentuan pemerintah setempat dan aparat keamanan dengan tetap menjaga ketertiban, menjunjung nilai- nilai toleransi, dan menjaga ukhuwah islamiyah. Salat Idul Fitri 1 Syawal 1445 dapat diadakan di masjid, musola, dan lapangan.

Dalam kesempatan tersebut, Kanwil Kemenagsu mengimbau kepada umat Islam untuk lebih mengoptimalkan zakat, infak, wakaf, dan sedekah di bulan ramadan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umat.

Terkait program prioritas Kemenag, Zulfan mengatakan, ada sejumlah program outlook Kementerian Agama yang harus ditindaklanjuti berdasarkan hasil rapat kerja nasional (rakernas).

Di antaranya, membangun ekosistem moderasi beragama yang ekspansif, menentukan politik kebangsaan, memenangkan pertarungan digital, menyajikan layanan keagamaan yang premium dan terjangkau,
mengusung layanan pendidikan yang inovatif dan transformatif.

Untuk mewujudkan outlook tersebut, Kanwil Kemenag Sumut juga sudah menandatangani fakta integritas sebagai implementasi perjanjian kinerja.

Sebelumnya Ernawati Ritonga selaku panitia menyebutkan kegiatan ini bertujuan silaturajmi dengan media untuk mengoptimalkan rencana aksi kinerja dalam hal ini transformasi Kemenag Sumut tahun 2024 dan dalam rangka menyampaikan kegaiatan ibadah puasa. (sor)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.