Siswa PAI  SMA/SMK Ikut Orientasi Wawasan Kebangsaan

 

KANALMEDAN – MEDAN : Generasi muda sebagai salahsatu komponen bangsa, memiliki peran, tugas dan tanggungjawab yang sangat strategis  dalam meningkatkan  wawasan kebangsaan  untuk memperkuat  watak dan karakter bangsa.

Oleh karena itu,  siswa sebagai bagian dari generasi muda, perlu terus menerus meningkatkan perannya secara efektif dalam menyusun dan mensosialisasikan upaya revitalisasi nilai-nilai  luhur pancasila dalam rangka memelihara dan menjaga  jati diri keindonesia-an dikalangan generasi muda bangsa.

“Mari kita hayati dan amalkan nilai-nilai empat pilar bangsa  dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan republik indonesia yaitu pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI” harap Burhan.

Hal ini disampaikan Plt Kakanwil Kemenagsu diwakili kabid Pakis Drs H  Burhananuddin Damanik MA  pada acara  peningkatan wawasan kebangsaan dan kerukunan beragama pada siswa PAI tingkat  SMA dan SMK di Hotel Putra Mulia Medan.

Lebih lanjut Burhan mengatakan, Pengembangan pendidikan agama islam berwawasan kebangsaan dan peningkatan mutu pendidikan agama islam merupakan singkronisasi  program dan kegiatan kemenag yang harus ditindaklanjuti  tingkat pusat dan daerah. Salah satu kegiatan tersebut adalah penguatan wawasan kebangsaan dan multikultural bagi guru dan siswa.

“Marilah kita ikuti kegitan yang sangat penting ini dengan serius sampai selesai dan ilmu yang diperoleh di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Burhan.

Sementara itu, kasi PAI (Pendidikan Agama Islam) tingkat menengah Dra Hj  Wan Khairunnisah MA didampingi ketua panitia M Azir mengatakan, kegiatan peningkatan wawasan kebangsaan dan multikultural bagi pelajar SMA/ SMK tersebut  diikuti lima puluh orang peserta dari kemenag kab/kota tingkat SMA/SMK selama tiga hari (28 s/d 30/2).

Tujuannya antaralain  untuk menambah dan memperluas wawasan kebangsaan  para pelajar siswa PAI pada sekolah umum, sehingga mereka   memiliki rasa nasionalisme kebangsaan yang tinggi berdasarkan empat pilar bangsa Indonesia yaitu Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. (Sor)

Print Friendly