Pimpinan UISU Silaturahmi ke Rumah Pendiri dan Tokoh Masyarakat Sumut

Rektor UISU Dr. Safrida menyerahkan bingkisan kepada Prof. Ismet Danial Nasution sebagai perwakilan keluarga alm. Drs. KH. Riva’i A. Manap Nasution, salah seorang pendiri UISU saat bersilaturahmi dalam rangka Milad UISU di kediaman keluarga Jalan Brogjen Katamso Medan, Selasa (2/1).

KANALMEDAN – Seluruh pimpinan UISU, Selasa (2/1) melakukan silaturahmi ke rumah keluarga pendiri UISU serta tokoh masyarakat yang berkontribusi terhadap berdirinya UISU dalam rangkaian Milad ke-73 UISU.

Silahturahmi dilakukan di lima lokasi kediaman keluarga pendiri dan tokoh masyarakat, yaitu alm. Drs. KH. Riva’i A. Manap Nasution, alm. H. Bahrum Jamil, SH, alm. H. Adnan Benawi  & almh. Hj. Sariani, AS, alm. H. Sultan Deli XI Sultan Osman Alsani Perkasa Alam, alm Abdul Hakim (Gubernur Sumut Periode 1951-1953)

Rektor UISU Dr. Safrida, SE beserta Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Hukum dan Kedokteran bersilaturahmi ke rumah keluarga alm. Drs. KH. Riva’i A. Manap Nasution yang diterima  Prof. dr. Ismet Danial Nasution  dan H. Ikrom Helmi Nasution SH beserta keluarga lainnya di kediaman Jalan Brigjen Katamso Medan.

Dalam pertemuan penuh suasana kekeluargaan itu, Prof. Ismet yang juga Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU menjelaskan napak tilas perjuangan orang tuanya Alm. Drs. KH. Riva’i A. Manap Nasution yang merupakan salah seorang pendiri UISU. Menurut Prof. Ismet, sepanjang hidup ayahnya tak lepas dari konteks perjuangan terhadap umat. Mulai dari mendirikan UISU hingga ikut dalam berbagai kegiatan dalam rangka membangun keumatan pada masa-masa sebelum hingga setelah kemerdekaan.

Rumah yang berada di Jalan Brigjen Katamso Gang Aman No 6 adalah saksi hidup bagaimana alm. Drs. KH. Riva’i A. Manap Nasution selalu berjuang dan menghabiskan banyak waktunya untuk memikirkan kemajuan umat Islam, khususnya dalam hal pendidikan. Alhamdulillah, UISU kini menjadi salah satu bukti yang sampai sekarang berdiri tegak dalam memajukan pendidikan di Sumatera Utara.

Kegiatan silaturahmi itu, diakhiri dengan pembacaan doa oleh Dr. Nahar Abdul Gani serta pemberikan bingkisan dari Rektor UISU Dr. Safrida kepada keluarga pendiri yakni Prof. Ismet Danial Nasution dan foto bersama.

Di tempat terpisah, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi Andang Suhendi SS. MA berserta para rombongan berkunjung ke kediaman alm. Abdul Hakim (Gubernur Sumut  periode 1951 – 1953) yang bertempat di Jalan HOS Cokroaminoto, No. 122. Alm. Abdul Hakim merupakan, salah satu tokoh masyarakat yang turut berjasa membantu berdirinya UISU.

Dijelaskan Andang Suhendi SS. MA bahwa kunjungan silaturahmi ke rumah keluarga pendiri UISU dan tokoh masyarakat ini merupakan apresiasi UISU terhadap perjuangan para perintis dan pendiri UISU.

Mustafa M. Amin, salah seorang  anak dari Alm. Abdul Hakim sangat bangga atas jasa orang tua yang masih di ingat. “Sehingga kami juga pihak keluarga dulunya meluncurkan buku berjudul In Memorium dr. Irma Gading Hakim Harahap Sp.KJ – Keteladanan Bagi Generasi Penerus. Peluncuran ini dirangkaikan dengan simposium kesehatan jiwa di Hotel Garuda Plaza Medan,”ujarnya. 

Dijelaskannya, bertepatan 10 tahun meninggalnya almarhum yaitu tanggal 7 September 2011, buku yang diluncurkan merupakan cuplikan kehidupan almarhum dr Irma Gading Hakim Harahap Sp.KJ dalam berkiprah di tengah-tengah masyarakat yang ditulis oleh 73 kerabat dan sahabat almarhum.

“Dengan tulisan-tulisan teman sejawat almarhum bapak , membuktikan bahwa almarhum telah banyak mewarnai para da’i dan para medik di Sumatera Utara, dan terutama juga kehidupan masyarakat kampus yang salah satunya ialah UISU. Harapan saya UISU dapat semakin berkembang untuk kedepannya,” ucapnya.

Di tempat terpisah Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola Ramadona Simbolon SE, M.Si, PhD beserta rombongan juga mendatangi kediaman Alm. H. Bahrum Jamil, SH di Jalan Karya Tani, No.14 Medan yang diterima  H. Saiful Jihad, ST yang juga Pengurus Yayasan UISU. Alm. H. Bahrum Djamil, SH merupakan salah seorang pendiri UISU dan juga pernah menjadi Ketua Yayasan UISU sudah banyak mendedikasikan hidupnya untuk UISU. Beserta pendiri lainnya, alm. H. Bahrum Djamil, SH berhasil mendirikan dan meletakkan pondasi dasar UISU dan menjadi universitas pertama diluar pulau Jawa. Ikut dalam rombongan Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Teknik dan Fakultas Agama Islam serta Pimpinan Lembaga Perencanaan dan Pengembangan (LPP) UISU.

Sementara itu, di tempat yang berbeda Wakil Rektor Bidang Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ir. Abdul Haris MT juga bersilaturahmi ke kediaman alm. H. Adnan Benawi  & almh. Hj. Sariani, AS di Jalan Garu III No.99. Turut bersama rombongan, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Pertanian dan FKIP.

Kemudian, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah Prof. Dr. Marzuki SH, M.Hum bersama Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Sastra bersilaturahmi ke kediaman alm. H. Sultan Deli XI Sultan Osman Alsani Perkasa Alam IV   di kediaman  T. Hamdy Osman Delikhan Al Hajj yang juga Ketua Pembina Yayasan UISU di Jalan Suka Cipta, No. 04 STM Medan.  (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.