Hadiri Wisuda 1.816 Lulusan Unpab, Pj Gubernur Sumut Minta Anak Muda Jadi Pekerja Keras

Gubernur Sumut Hassanudin diabadikan bersama Rektor Unpab Dr HM Isa Indrawan SE, MM dan civitas akademika Unpab pada acara wisuda ke-71 Unpab di Gedung Selecta Convention Hall Medan, Jalan Listrik Nomor 2, Medan, Rabu (27/12/2023).

KANALMEDAN – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin berpesan kepada para lulusan Perguruan Tinggi (PT) agar tidak hanya mengandalkan ijazah memasuki dunia usaha dan kerja. Menurutnya, bila ingin menjadi orang yang unggul, anak muda saat ini harus menjadi pekerja keras.

“Tantangan ke depan bagi anak muda Indonesia akan lebih berat karena persaingan akan semakin ketat. Kalian harus menjadi pekerja keras, jangan hanya mengandalkan ijazah, ijazah ini tidak ada artinya bila kalian tidak memiliki kompetensi,” kata Hassanudin pada dalam sambutannya pada wisuda hari pertama Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab), di Gedung Selecta Convention Hall Medan, Jalan Listrik Nomor 2, Medan, Rabu (27/12/2023). Wisuda ke-71 ini digelar hingga Kamis (28/12/2023).

Hassanudin juga meminta kepada universitas-universitas yang ada di Sumut untuk memperhatikan mutu lulusannya. Salah satu caranya adalah mengikuti perkembangan zaman, menjawab tantangan digitalisasi dan komitmen kuat meningkatkan SDM.

“Universitas yang punya komitmen tinggi terhadap mutu lulusan akan terus diminati, sebaliknya yang kurang berkomitmen pada mutu atau hanya mementingkan bisnis dapat dipastikan akan tergulung arus,” kata mantan Pangdam I Bukit Barisan ini.

Salah satu kelemahan pekerja dan pengusaha saat ini, menurut Hassanudin, kurang bekerja keras. Bukan hanya itu, tidak sedikit juga yang kurang berintegritas atau jujur, sehingga banyak terjadi penyelewengan, korupsi atau manipulasi.

“Kelemahan pekerja, pengusaha saat ini banyak yang pintar, tetapi tidak bekerja keras, kurang berintegritas, saya banyak melihat yang seperti itu, menunda pekerjaan, tidak bekerja tuntas, lebih suka duduk-duduk,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Rektor Unpab Medan Dr Muhammad Isa Indrawan SE, MM mengatakan, pihaknya akan terus mendorong kemajuan ilmu pengetahuan global dan pengembangan karakter. Selain itu, dia juga berharap lulusan-lulusan Unpab siap untuk menyelesaikan masalah yang ada di tengah masyarakat.

“Unpab akan mendorong kemajuan ilmu pengetahuan global dan pengembangan karakter berbasis kearifan lokal. Lulusan juga bisa mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapat melalui karya-karya nyata, menyelesaikan masalah sosial di tengah-tengah kita,” kata Muhammad Isa Indrawan.

Pada wisuda ke-71, Unpab melahirkan 1.816 lulusan baru dari Pascasarjana, Sarjana dan Diploma.

Muhammad Isa Indrawan berharap semua lulusan terus berkarya dan berkontribusi nyata kepada masyarakat.

“Tetaplah berkarya dan bisa hadir tengah-tengah masyarakat, memberikan kontribusi kepada masyarakat,” kata Muhammad Isa Indrawan.

Turut hadir pada wisuda ke-71 Unpab tersebut Ketua Yayasan Prof Dr Kadirun Yahya, Hj Yasmin Siti Khadijah, Kepala LLDikti Wilayah I Prof Saiful Anwar Matondang dan para civitas akademik. Hadir juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Tripriyono dan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Sumut Dr H Asren Nasution. (Nas)

Print Friendly

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.