Prof Hatta: Literasi Zakat Perlu Disosialisasikan Sejak Dini

KANALMEDAN-Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) Pror.Dr.Mohammad Hatta menyampaikan literasi zakat (kemampuan seseorang untuk membaca, memahami, menghitung, serta mengakses informasi tentang zakat yang dapat meningkatkan kesadaran dalam berzakat) perlu disosialisakan, agar pemahaman tentang zakat dapat dimengerti sejak dini.

“Sangat perlu memahami bagaimana berzakat dan mekanismenya sampai kepada penerima zakat itu sendiri agar tidak salah dalam penerapan, karena kita berzakat itu berkaitan dengan taat hukum agama.Jadi harus sesuai kaidah hukum Islam,” kata Prof Hatta di ruang kerjanya belum lama ini.

Prof Hatta mengaku bangga adanya sekolah yang memberi pemahaman tentang zakat dengan langsung hadir ke kantor Baznas.

“Kita patut bersyukur adanya kepedulian para guru untuk membawa siswa ke Baznas sebagai upaya memperdalam pengetahuan tentang zakat,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Baznas Sumut dikunjungi siswa dan guru Sekolah Dasar ( SD) Istana Hati Binjai di Gedung BAZNAS Provinsi Sumatera Utara. Kunjungan tersebut untuk memberikan pembelajaran diluar kelas bagi peserta didik SD Swasta Istana Hati Binjai khususnya tentang rukun Islam ke-3 yaitu Menunaikan Zakat bagi setiap muslim, sekaligus sebagai edukasi dan upaya memberi pengalaman langsung pada siswa serta untuk melihat langung Gedung Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara.

Rombongan siswa tersebut diterima Ketua BAZNAS Sumut Prof. Dr. H. Mohammad Hatta dan Wakil Ketua IV H. Azrai Harahap. MA.

Prof Hatta memberi apresiasi dan senang atas kunjungan tersebut karena dapat sejak usia dini telah menanamkan rasa tanggung jawab atas kewajiban menunaikan zakat.

“Bapak sangat senang mendengar bahwa kalian sudah tau kepanjangan dari BAZNAS yaitu Badan Amil Zakat Nasional,” kata Prof Hatta.

Dalam kesempatan itu, rombongan siswa dari Yayasan Istana Hati juga memberikan bantuan donasi berupa uang sebesar Rp. 4.158.000,- untuk masyarakat palestina. Dan bantuan ini nantinya akan segera disalurkan ke Palestina.

Prof Dr HM Hatta berharap semakin banyak lagi siswa baik tingkat SD, SMP dan SMu yang berkunjung ke Baznas Sumut.

Dengan berkunjung ke Baznas Sumut akan menambah pengetahuan dan wawasan terkait pentingnya menunaikan zakat.

“Kita berharap, para siswa yang datang ke Baznas Sumut dapat mengingatkan dan menyampaikan pesan pada orangtuanya bahwa berzakat dan membayar zakat adalah salah satu perintah agama Islam dan wajib bagi yang mampu,” kata Prof Hatta di ruang kerjanya.

Ia juga berharap pada umat Islam yang memiliki kemampuan berzakat supaya menyalurkan zakatnya ke Baznas Sumut.” Zakat yang dikumpulkan Baznas Sumut adalah amanah yang harus kami salurkan pada orang yang berhak menerimanya,” kata Prof Hatta. (sor)

Print Friendly