Mahasiswa UMSU Lolos Jadi Peserta Kegiatan Nasional Pelantara 2023


M. Farhan Atharif, mahasiswa Fakultas Hulum UMSU

KANALMEDAN – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil lolos menjadi peserta pada kegiatan bergengsi Nasional Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) ke-11  Sail Teluk Cenderawasih (STC) tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Pulau Biak, Papua.

M. Farhan Atharif, mahasiswa Fakultas Hulum (FH) UMSU sukses melewati beberapa proses seleksi dan berhasil menjadi perwakilan Provinsi Aceh sekaligus mengantarkannya menjadi ketua kontingen. Dalam keteranggnya, Rabu (8/11/2023) Farhan meneceritakan bagaimana proses yang ia lalui sebelum akhirnya dinyatakan lolos.

“Awalnya di bulan September dari MABESAL mengabarkan akan diadakan kegiatan pelayaran menggunakan KRI untuk mendukung kegiatan Sail Teluk Cenderawasih. Setelah dikabarkan, Pangkalan Angkatan Laut Lhokseumawe segera melakukan seleksi secara terpisah mulai dari seleksi untuk peserta dan untuk pendamping,” terangnya

Lebih lanjut, mahasiswa Fakultas Hukum UMSU ini mengatakan, pengalaman menjadi salah satu faktor kelulusan dalam kegiatan tersebut

“Dengan segala rangkaian persyaratan mulai dari fisik, kemampuan, dan pengalaman ini menjadi pertimbangan untuk diloloskan mengikuti kegiatan ini. Berhubung saya di UMSU pernah menjabat sebagai Dansat Menwa maka ini menjadi pertimbangan besar saya lolos,” ujarnya.

Setelah pengumunan, Farhan menuturkan bahwasanya persiapan yang Ia lakukan salah satunya adalah  mengikuti kegiatan Traning Camp (TC) untuk mempersiapkan dalam mengikuti perlombaan dan pembekalan pengetahuan tentang tata kehidupan KRI.

“Selama pelayaran berbagai perlombaan akan dilakukan, jadi saya sudah mulai mempersiapkan diri mulai dari mengikuti kegiatan TC untuk mengikuti berbagai perlombaan tersebut serta pembekalan pengetahuan tentang tata kehidupan KRI selama berlayar nanti ” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UMSU Assoc. Prof. Dr. Rudianto, M.Si memberikan tanggapan terhadap pencapaian yang mahasiswa tersebut dapatkan. Rudianto mengajak generasi muda untuk terus berupaya peka terhadap potensi dan berbagai kesempatan yang datang.

“Ini merupakan pencapaian yang perlu diapresiasi yang saya yakin proses yang dilalui anak kami Farhan tidak  mudah. Dan tentunya saya mengajak kepada anak-anak kami semua mahasiswa UMSU sebagai generasi muda untuk terus berupaya peka terhadap segala potensi dan berbagai kesempatan yang datang,” ucap Bapak Rudianto

Diketahui,  Sail Teluk Cendrawasih (STC-2023), merupakan salah satu event yang masuk kalender Pariwisata Nasional guna mengenalkan potensi bahari dan maritim  di Papua sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasific. STC-2023 adalah giat kolaborasi bersama antara Pemerintah Pusat yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Papua sebagai Tim Asistensi Penyelenggaraan dan Pemerintah Kabupaten sebagai Penyelenggara.  

Kegiatan yang rencananya akan dimulai pada tanggal 9 November sampai 5 Desember 2023 tersebut akan berlayar dengan rute Kolinlamil Jakarta-Makasar-Sorong-Biak-Sorong-Makasar dan Kembali Ke-Jakarta dengan menggunakan KRI Banda Aceh 539.

Selama berlayar, rencananya akan dipadati dengan berbagai kegiatan mulai dari kegiatan pendalaman materi tentang kemaritiman hingga kegiatan perlombaan. Cabang perlombaan yang dilaksanakan mulai dari perlombaan bolak-balik perahu karet, bangunan pasir, peluit AL, tari kreasi , merakit tenda terapung dan pengelolahan hasil laut. (Nas)


Print Friendly