Anggota DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga: Mahasiswa Harus Cerdas Menyikapi Perubahan Masa Depan

KANALMEDAN – Anggota DPRD Sumut dari Fraksi PKB, Zeira Salim Ritonga, SE mengatakan, mahasiswa adalah calon pemimpin masa depan bangsa. Karenanya, seorang mahasiswa harus cerdas membangun diri dan memiliki visi atau cita cita dalam menyongsong perubahan hidup di masa depan.

“Perubahan hidup tidak mungkin tercapai jika kita tidak memiliki jiwa terbuka untuk perubahan, tidak disiplin, tidak mandiri, tidak mengembangkan diri dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan, serta tidak kreatif dan inovatif yang didukung akhlak mulia,” kata Zeira Salim Ritonga SE ketika bertindak sebagai narasumber pada acara panel diskusi bertajuk “Membangun Generasi Cerdas di Kampus Universitas Dharmawangsa, Jalan KL Yos Sudarso Medan, Selasa (10/10/2023). Diskusi yang diikuti para mahasiswa Undhar itu dipandu moderator Dr Azmiati Zuliah, MH.

Sebagai contoh, kata Zeira, dirinya dari aspek ekonomi dengan usaha perkebunan sangat cukup untuk hidup dengan nyaman, namun dia memiliki visi tidak ada arti tanpa bisa membantu masyarakat kampung halaman atau daerah Labuhan Batu Raya untuk ikut menikmati perubahan masa depan.

“Sadar akan hal ini, maka sejak 9 tahun yang lalu saya berfikir untuk bisa masuk di jajaran legislatif sebagai anggota DPRD Sumatera Utara melalui Pemilu Legislatif tahun 2014 dan saya mendaftar sebagai Bacaleg dari Partai PKB daerah pemilihan Sumut VI,” tegas Zeira.

Alhamdulilah, tambah Zeira, harapannya dengan visi perubahan, diberi rezki oleh Allah SWT menjadi wakil rakyat di Sumut,. “Sehingga harapan membangun kampung halaman tercapai dengan prioritas membangun sumberdaya manusia melalui infrastruktur pendidikan mulai dari tingkat PAUD, SD, SMP hingga SMA serta membangun rumah ibadah,” kata Bendahara DPW PKB Sumut ini.

Belajar dari pengalaman ini, tegas Zeira, kepada mahasiswa di jajaran Univeritas Dharma Wangsa agar memiliki pemikiran perubahan masa depan dengan membaca literasi, banyak diskusi, sehingga pengetahuan dan keterampilan meningkat dengan lahirnya pemikiran kreatif dan inovatif untuk merealisasikan perubahan itu.

Di akhir penyampaiannya, Zeira mengingatkan agar tahun politik menjelang Pemilu 2024, para mahasiswa ikut dalam cita-cita perubahan. “Tinggalkan berita hoax, dalam menyongsong kesetaraan ekonomi bagi rakyat Indonesia sebagai cita-cita kemerdekan, yakni adil dan makmur,” tegas Zaira.

Panel diskusi yang berlangsung selama dua jam ini, juga dihadiri Dr Kariaman Sinaga, M.AP selaku akademisi di Universitas Dharma Wangsa. Tampak mahasiswa dapat mengikuti diskusi dengan tekun dan semangat. (Nas)

Print Friendly