Rektor UISU Lantik 9 Dekan, Prof Ismet: Jabatan Amanah yang Harus Dipertanggungjawabkan

Rektor UISU Dr. Syafrida, SE, M.Si memimpin proses pelantikan 9 Dekan di lingkungan UISU Periode 2023-2027 di Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan, Sabtu (16/9) kemarin.

KANALMEDAN – Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU Prof. Ismet Danial Nasution, drg, Ph.D, Sp. Pros (K), FICD mengingatkan bahwa jabatan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada pelantikan dekan-dekan di lingkungan UISU, Sabtu (16/9) kemarin.

Proses pelantikan yang berlangsung di Auditoirum UISU Jalan SM Raja Medan dipimpin Rektor UISU Dr. Syafrida, SE, M.Si yang melantik secara bersamaan sembilan dekan di lingkungan kampus Universitas Islam Sumatera Utara Priode 2023-2027 . Adapun mereka yang dilantik,  Danialsyah, SH, MH, Dr (Dekan Fakultas Hukum) menggantikan Prof. Dr. Mustamam, M.Ag, Dr. Abu Bakar, S.HI, MA,  (Dekan Fakultas Agama Islam) menggantikan Dr. M. Firman Maulana, MA, Dr. Supriadi, SE, MM, M.Si (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis) menggantikan Dr. Nur. M, Ridha Tarigan, SE, MM.

Kemudian, Purwanto Siwi, SS, MA, Dr. (Dekan Fakultas Sastra) yang juga dekan sebelumnya, Dr, Julia Maulina, M.Si, Dr. (Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) menggantikan Prof. Hasrita Lubis, M.Pd, Ph.D, Prof, Murni Sari Rahayu, Ir, MP, Dr. (Dekan Fakultas Pertanian) yang juga dekan sebelumnya.

Selanjutnya Ridwan Nasution, S.Sos, M.Kom.I (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) menggantikan Samsul Bahri Pane, S.Sos, MAP, Tri Makmur, dr, Sp.S (Dekan Fakultas Kedokteran) menggantikan Indra Janis, dr, MKT, Darlina Tanjung, Ir. MT (Dekan Fakultas Teknik) menggantikan Muksin Rasyid Harahap, Ir, S.Pd, MT

Ketua Umum Yayasan UISU, dalam sambutannya mengapresiasi proses pemilihan Dekan telah berjalan dengan baik sesuai peraturan Yayasan UISU. “ Kami menilai proses yang dilaksanakan Rektor dalam pemilihahn dekan telah berhasil dengan baik sesuai peraturan yayasan UISU. Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut,”ucap Prof. Ismet Danial Nasution.

Pihaknya juga menyampaikan penghargaan kepada Dekan Priode 2019-2023  yang telah banyak menggoreskan rekam jejak dalam membangun UISU. “Sewajarnyalah keluarga besar UISU mengucapkan terimakasih, namun akhir jabatan bukan berarti berakhir pengabdian untuk UISU,”katanya dalam kegiatan yang juga dihadiri Unsur Pembina dan Pengawas UISU

Selanjutnya, Prof. Ismet mengatakan bahwa jabatan bukan kekuasaan, jabatan adalah amanah yang nantinya akan dipertanggungjawabkan dunia akhirat. “ Mari kita memperkuat hubungan hingga amanah ini daoat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin  demi kemajuan UISU, ucapnya. Dikatakannya bahwa mengisi  tanggungjawab terhadap pendidikan tinggi merupakan sumbangsih nyata UISU ke tengah-tengah bangsa dan negara sebagaimana  yang dicita-citakan para pendiri UISU terdahulu. “Mari bersama-sama kita membangun UISU menjadi lebih baik,” ujar Prof Ismet lagi.

Dikatakannya, hari ini adalah sejarah baru UISU, Yayasan berkordinasi dengan Rektor bahwa dekan 2023-2027 harus dilakukan pelantikan secara serentak. Pelantikan Dekan hari ini merupakan  wujud nyata dalam membangun persatuan dan kesatuan.  Ke depan pelantikan wakil dekan secara bersama-sama, pelantikan Ketau prodi harus sama. Ini tugas Dekan berkordinasi dengan Universitas sehingga prosesnya dapat berjalan dengan baik, “Ini juga merupakan simbol timworknya UISU yang akhirnya akan melahirkan poersepsi dan gerak langkah yang sama untuk berkerjasanma dengan yayasan,”ujarnya.

 Sementara itu, pada kesempatan yang sama Rektor UISU Dr. Syafrida, SE, Msi  juga menyatakan bahwa kegiatan pelantikan ke-9 dekan ini merupakan sejarah besar bagi UISU. “Ke-9 Dekan telah diambil sumpahnya, serta membaca, dan penandatangan kontrak kerja sebagai sebuah pertanggungjawaban. Mau tak mau suka tidak suka wajib dilaksanakan,”tegas Rektor.

Rektor UISU mengingatkan makna sumpah jabatan yang dibacakan masing-masing Dekan tersebut. “Yang perlu kita dengar adalah  di dalam sumpah jabatan ada dikatakan patuh dan taat terhadap peraturan yayasan, statuta  dan peraturan lain yang ada di UISU, dan di luar UISU untuk dijaga dan kita saling berkalaborasi. Jika ada hal lain yang perlu dibicarakan, mari kita bicarakan secara bersama-sama,”ucap Rektor lagi. (Nas)

Print Friendly