Kakanwil Kemenagsu Berangkatkan Tim KSM Sumut ke Tingkat Nasional

KANALMEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM memberangkatkan tim KSM Sumut ketingkat Nasional dengan doa.
Ia juga memberi motivasi serta penguatan kepada siswa/i kontingen Sumatera Utara yang mengikuti Kompetisi Sains Madrasah ( KSM)Tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara pada 3 sampai 7 September 2023.

Kakanwil meminta siswa/i menguatkan mental kompetitif sembari terus berdoa agar diberikan yang terbaik.

“Besok kalian berangkat berkompetisi di tingkat nasional. Saya yakin dengan doa kita semua dan dibarengi dengan latihan terus menerus, Insya Allah akan dapat membuahkan hasil yang baik” kata Kakanwil didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Erwin P Dasopang, M.Si di Asrama Haji Medan, Jumat (1/9).

Ia mengatakan KSM merupakan ajang untuk mengembangkan potensi siswa. KSM juga menekankan pentingnya keterampilan dalam analisis, kritis, dan berpikir kreatif. Dengan demikian, kompetisi ini menjadi sarana yang efektif untuk menumbuhkan jiwa inovasi di kalangan siswa madrasah.

Selain itu, Kakanwil mengatakan bahwa kreativitas, kualitas, dan intelektual sains pada siswa madrasah semua didasari akhlakul karimah. Kakanwil meminta siswa untuk menjadikan akhlakul karimah menjadi prioritas.

“Kompetisi nasional tentu tidak sama dengan tingkat daerah. Namun yakinlah, kami semua mendukung kalian. Kalian tidak sendiri. Kita akan raih dan menjadi yang terbaik,” tambahnya.

Kakanwil juga meminta orang tua siswa untuk turut mendoakan anaknya yang akan berkompetisi. Dengan dukungan seluruh pihak, semoga Sumatera Utara meraih predikat hasil terbaik.

Peserta Sumut yang mengikuti KSM tingkat Nasional ada 11 orang siswa terdiri dari siswa MI,MTs dan MA.
Tingkat MI mapel Matematika yaitu Akbar Silalahi dari MIS Pesantren Dairi, IPA, Abdul Syahnan Ritonga dari MIN 6 Kota Medan.

Tingkat MTs mapel Matematika yaitu Suhaiby dari Alazhar Syarif Deli Serdang, Mapel IPA Selohna Berampu dari MTsN Dairi dan mapel IPS Fajaryah Julianti Munthe dari MTSS Pesantren Dair.

Tingkat MA, mapel Matematika yaitu Java Maulana dari MAN Simalungun,mapel Biologi, Andika Prama Yufdi Tambuse dari MAS Darul Mursyid Tapsel, Fisika, Julia Anjani Waruwu dari MAS Ummi Kalsum Gunungsitoli dan mapel Kimia, M. Naufal Hanania dari MAS Darul Arafah Deli Serdang, Ekonomi, Hutri Saptahadi dari MAS Darul Mursid Tapsel serta mapel Geografi, Widia Safitri dari MAS Muhammadiyah 2 Kisaran Asahan.
Hadir pada acara pelepasan tersebut antaralain, H Syawaluddin Matondang, Fahmi Siregar dan Syamsiah serta orangtua siswa. (sor)

Print Friendly