DWP Kanwil Kemenag Sumut Sosialisasikan Program Kusemai Nilai

KANALMEDAN-Ketua Dharma Wanita Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Hj. Triana Santi Ahmad Qosbi menyampaikan Progam Kusemai pada Rapat Koordinasi (Rakor) DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara di Asrama Haji Medan, Senin (14/8).

Rakor DWP tersebut dihadiri Ketua DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota Se Sumatera Utara.

Program “Kusemai Nilai” adalah sebuah upaya pengawasan antikorupsi berbasis pendekatan keluarga. Program ini digulirkan bersama Srikandi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Itjen Kemenag dan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Indonesia dan sekarang sedang diteruskan di Kanwil Kementerian Agama Provinsi termasuk Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara. 

Dalam Rakor dilakukan permainan (game) menginisiasi program “Kusemai Nilai”. Game dipandu oleh Ketua DWP Kanwil Kemenagsu Triana Santi Ahmad Qosbi bersama seluruh anggota DWP ikut serta mengikuti game ini.

Program “Kusemai Nilai” bertujuan selain untuk membangun ekosistem budaya integritas juga sebagai penguatan implementasi nilai-nilai dasar Kemenag dan Core Values BerAKHLAK sekaligus untuk mengakselerasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Triana Santi Ahmad Qosbi  menyampaikan harapannya “Dimulai dari Dharmawanita, mari kita mulai pencegahan tindak korupsi. Kita perempuan dapat berperan mencegah perilaku korupsi ini yang mungkin bisa saja terjadi di lingkungan kita”.katanya.

Ketua DWP Kanwil Kemenagsu juga mengingatkan agar seluruh peserta Rakor DWP Kanwil Kemenagsu dapat menerapkan hal hal yang telah dipelajari dari upaya pencegahan tindakan korupsi.

“Semoga apa yang sama sama kita pelajari hari ini dapat membawa manfaat bagi kita dan keluarga, kemudian terkait pertemuan kita, melalui rakor ini semoga kegiatan ini dapat meningkatkan tali silaturrahmi dan keakraban antara seluruh Ketua DWP Kementerian Agama Kab/ Kota.

Pada kegiatan Rapat Koordinasi DWP Kanwil Kemenagsu ini, peserta juga mendapat materi pembelajaran tentang pelaporan kegiatan Dharmawanita pada Kemenag Kabupaten/Kota secara digital, sehingga kegiatan DWP dapat terdokumentasi dengan baik dan dapat dilihat dan juga diakses dimanapun selama terhubung ke jaringan internet.

Dharma wanita juga mengumumkan 3 laporan Dharmawanita terbaik dari satuan kerja Kemenag Kabupaten/ Kota yang telah dipilih dari 33 DWP Kemenag Kabupaten Kota Se Sumatera Utara yaitu
Kemenag Kab Nias Utara, Kemenag Kota Tebing Tinggi dan Kemenag Kota Binjai sebagai DWP Kemenag dengan laporan terbaik. (sor)

Print Friendly