Ratusan Kepala Madrasah Ikut Bimtek BKBA

KANALMEDAN-Bank Dunia mengucurkan bantuan untuk peningkatan mutu pendidikan madrasah di Indonesia melalui proyek besar Realizing Education Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP – MEQR). Empat komponen telah disiapkan untuk mengimplementasikan proyek tersebut.
Salah satu program yang dilaksanakan adalah Bantuan Kinerja Bantuan Afirmasi (BKBA) untuk 100 madrasah swasta di Provinsi Sumatera Utara.

Untuk mempertanggungjawabkan bantuan besar tersebut peserta diharapkan mengikuti bimbingan teknis BKBA dan dapat mengimplementasikannya untuk mewujudkan madrasah mandiri berprestasi.

Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi SAg MM diwakili Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Erwin P Dasopang, M.Si, Senin (7/8/2023) saat memberikan pengarahan sekaligus membuka acara bimbingan teknis (bimtek) BKBA Kanwil Kemenag Sumatera Utara diselenggarakan oleh PMU Pusat dan PCU Sumut berlangsung di Ballroom Grand Dhika Hotel Medan.

Kabid Penmad didampingi Ketua tim seksi Sarana Prasarana Pendidikan Zulfahmi Siregar, SE & Ketua tim seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah Dr. Nursyamsiah, M.Pd, Kabid memberikan arahan untuk 100 Kepala Madrasah Swasta penerima bantuan BKBA se Sumatera Utara.

“Implementasikan BKBA dalam rangka upaya wujudkan madrasah mandiri berprestasi.” pinta Kabid.

Kabid juga mengucapkan selamat pada 100 madrasah yang telah menerima BKBA diantara 2.591 madrasah swasta se Sumatera Utara yang telah menerima BKBA. Dalam kesempatan itu, Erwin mengingatkan agar penerimaan BKBA menambah kondusifitas pembelajaran di madrasah.

“Bantuan ini akan dimintai laporan pertanggung jawaban. Susun dengan berhati-hati dan transaparan sesuai dengan prosedur. Inilah bukti kehadiran negara karena lebih dari 50 ribu madrasah mulai dari jenjang MI, MTs dan MA itu mayoritas adalah swasta dan tentu kehadiran negara adalah memberikan afirmasi -afirmasi, bantuan dan dukungan kepada teman – teman madrasah yang tersebar diseluruh Indonesia,” ujar Erwin

BKBA adalah bantuan kinerja dan Bantuan Afirmasi tujuannya untuk memberikan penghargaan atas capaian kinerja madrasah dalam membangun iklim yang kondusif untuk meningkatkan kompetensi kualitas madrasah sedangkan bantuan afirmasi tujuannya untuk memberikan bantuan bagi madrasah yang membutuhkan dalam rangka meningkatkan kualitas madrasah, kata Erwin. (sor)

Print Friendly