Seribuan Peserta Ijtima Ulama Sumut Dukung Gus Muhaimin Capres RI 2024

KANALMEDAN – Seribuan peserta Ijtima Ulama Sumatera Utara (Sumut) akhirnya memutuskan sembilan rekomendasi dan satu di antaranya mendukung Gus Muhaimin Sebagai Calon Presiden (Capres RI) 2024-2029.

Rekomendasi tersebut dibacakan Wakil Ketua Dewan Syuro DPW PKB Sumut Ustadz Drs H. M. Hatta Siregar MSi pada acara Ijtima Ulama Sumatera Utara, Kamis (3/08/2023), di Ball Room Hotel Grand Mercure Medan.

Sebelumnya, Ketua Dewan Syuro PKB Sumut K.H Akhyar Nasution Lc MA dalam tausyiahnya menjelaskan bahwa para ulama utusan 33 Kabupaten/Kota, baik asal Pondok Pesantren, Persulukan, Tarikat, dan Rumah-rumah Tahfiz telah melaksanakan ijtima sejak Rabu malam dan hasilnya berupa rekomendasi untuk diserahkan kepada Gus Muhsimin selaku Ketua Umum DPP PKB yang juga Capres RI 2024-2029.

Dalam penyerahan rekomendasi itu, KH Akhyar Nasution didampingi Tuan Guru Batak Syech Dr. H. Sabban Rajagukguk MA, K.H. Zulfikar Hajar, LC, dan para ulama lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) H Muhaimin Iskandar atau Gus Imin menegaskan pencapresan dirinya, apakah untuk calon Presiden atau Wakil Presiden RI 2024, sama sekali bukan ambisi pribadinya.

“Dinamika ini sepenuhnya merupakan keinginan atau komitmen partai. Jadi ini perjuangan seluruh warga partai dan segenap organisasi dan pendukungnya,” tegas Gus Imin di depan Ketua DPW PKB Sumut H.M Ja’far Sukhairi Nasution, Bupati Deli Serdang H. Ashari Tambunan, Dewan Syuro DPW PKB Sumut Upar Pulungan, para Ketua DPC PKB Se Sumut, Ketua Panitia Penyelenggara Drs Syaiful Syafri MM, HA Jabidi Ritonga, Anggota DPRD Provinsi Sumut dari PKB Loso Mena dan Zeira Salim Ritonga, serta ulama lainnya.

Wakil Ketua DPW PKB Sumut H Syaiful Syafri kepada wartawan menjelaskan Ijtima Ulama yang digelar PKB Sumut ini merpakan rangkaian kunjungan Gus Muhaimin ke Sumut.

Didampingi Ketua Umum Laskar Cak Imin dr Ainul Rakhman dan Ketua Laskar Cak Imin Sumut Ita Julianti, Syaiful Syafri menjelaskan sebelumnya, Rabu (2/3) di tempat yang sama Gus Muhaimin memberikan pembekalan pada Bimtek yang diikuti para Bacaleg DPR RI, DPRD Sumut dan DPRD Kabupaten/Kota se Sumatera Utara.

Di acara Bumtek itu, Gus Muhaimin mengemukakan, sesuai nasihat para Kiyai di Dewan Syuro maka belakangan ini dia dilarang banyak statemen soal pencapresan.

“Para kiyai Dewan Syuro mengingatkan saya agar tidak menimbulkan opini ambisi pribadi maka untuk sementara saya membatasi bicara pencapresan. Ini membuktikan bagaimana pun nanti tentang ini, kita serahkan sepenuhnya kepada para kiyai di Dewan Syuro, sebab ini bukan ambisi pribadi saya, melainkan amanah partai,” jelasnya.

Lebih lanjut Gus Imin mengemukakan PKB menyadari tidak ada pemberian kekuasaan secara gratis. Itu perlu perjuangan sungguh-sunguh terutama meyakinkan rakyat bahwa PKB sungguh amanah dan berkemampuan lebih dalam memimpin bangsa dan negara.

“Ini bukan hanya tentang pencapresan melainkan upaya sungguh-sungguh memenangkan PKB dalam Pemilu 2024 mulai dari perolehan kursi di DPR RI, DPRD propinsi dan kabupaten/kota serta menjadikan kadernya selaku gubernur, bupati dan walikota,” ujarnya.

Gus Imin mengatakan Pilpres dan Pileg 2024 merupakan langkah besar sehingga memerlukan dukungan dan doa restu dari para kiai, ulama dan masyayikh.

”Kita perlu mencari berkah para kiai, para ulama,” ujar Gus Muhaimin yang datang bersama Wakil Ketua MPR RI H Jazilul Fawaid dan anggota DPR RI H Marwan Dasopang.

Gus Muhaimin mengatakan doa dan restu para kiai selain bisa memudahkan langkahnya maju dalam Pilpres 2024, juga menjadi energi positif sehingga langkahnya bisa mendapatkan keberkahan.

“Langkah saya maju sebagai capres pada Pilpres 2024 nanti semata-mata untuk perjuangan meneruskan amanah dan cita-cita para kiai, para wali, para pendiri bangsa ini untuk mewujudkan Indonesia yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” ungkapnya.

Keponakan Gus Dur ini mengatakan bahwa PKB memiliki historis yang panjang dengan Ponpes Langitan. Sejak berdirinya, para kiai Langitan selalu menjadi rujukan bagi PKB untuk melangkah dalam perjuangan di politik.

Sementara itu, sejumlah ulama mendoakan agar Gus Muhaimin diberi kemudahan dan keberkahan maju dalam Pilpres 2024. (Nas)

Print Friendly