UMSU Gelar Silaturrahim dengan 28 Mahasiswa Internasional

KANALMEDAN – Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)  menggelar silaturrahim dengan 28 mahasiswa internasional asal Thailand, Malaysia dan Kamboja yang menimba ilmu di sejumlah fakultas.

Silaturrahim yang berlangsung di kampus utama, Jalan Muhtar Basri Medan, Sabtu (8/7/2023) dilakukan untuk membangun pemahaman yang lebih baik disamping untuk mendapatkan feedback dari proses perkuliahan mereka di UMSU.

Acara dihadiri Rektor, Prof.Dr.Agussani, MAP yang diwakili Wakil Rektor III Dr. Rudianto, MSi, Ketua LKUI, Rafieqah Nalar Rizky, S.Sos, MA, Sekertaris BIPA, Dr. Cut Novita Srikandi, S.S., M.Hum, dan para Wakil Dekan III di lingkungan UMSU..

Acara silaturrahim dimeriahkan dengan penyajian makanan khas Thailand dan Kamboja. Sebelum menikmati makanan khas asal negara peserta silaturrahim, para mahasiswa asal Thailand dan Kamboja mempresentasikan menu yang telah disiapkan untuk disantap. Makanan khas Thailand dan Kamboja itu dikemas sendiri oleh mahasiswa.

Acara makin riuh saat mahasiswa internasional untuk memdemonstrasikan kemampuan Berbahasa Indonesia dengan baca puisi dan pantun. Para mahasiswa juga diminta mengenalkan diri dengan bahasa asal negara dan Bahasa Indonesia.

Waki Rektor III UMSU Dr. Rudianto, MSi menjelaskan, keberadaan mahasiswa asing di UMSU merupakan bagian program internasionalisasi. Ada dua lembaga yang disiapkan untuk menjaring mahasiswa internasional yakni Office of  International Affair Coorporation (LKUI) dan Lembaga Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA).

Menurut WR III, Dr. Rudianto, MSi, sejauh ini minat calon mahasiswa asing untuk kuliah di UMSU sangat besar. UMSU sendiri masih fokus pada Kawasan Asia Tenggara. Kita sedang mempersiapkan kemampuan UMSU untuk dapat menerima mahasiswa asing dalam jumlah yang lebih besar. Selain menerima mahasiswa asing belajar di kampus UMSU, UMSU juga mengirim puluhan mahasiswanya belajar di beberapa kampus di luar negeri melalui program internastional credit transfer dan Indonesian International Student Mobility Award yang merupakan bagian merdeka belajar kampus merdeka serta kerjasana internasional.

Dari 28 mahasiswa asing yang terdaftar di UMSU, dua di antaranya, telah diwisuda pekan lalu yakni atas nama Asuenah Yusoh dan Nadia Niyom. Keduanya mahasiswa asal Thailand yang menyelesaikan studi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Bahasa Inggris. Sisanya 26 orang lainnya masih mengikuti proses perkuliahan, yakni 16 mahasiswa berasal dari Thailand,  8 orang asal Kamboja dan 2 dari Malaysia.

Mereka kuliah  di beberapa fakultas seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB),  Fakultas Teknik  (FT) dan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIKTI).

Pada akhir pertemuan sialturrahim itu, Wakil Rektor III Rudianto berpesan agar mahasiswa asing itu dapat memanfaatkan seluruh program yang ada  di UMSU dengan baik, seperti BIPA, MBKM, sampai kegiatan di Unit Kegiatan Mahasiswa. Para mahasiswa asing didorong untuk berpartisipasi aktif ikut mengejar prestasi melalui kegiatan kreatifitas disamping mengejar prestasi akademik.

“Kami juga membuka peluang bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan kuliah di program magister UMSU,” ungkap Rudianto.

Sementara Ketua LKUI, Rafieqah Nalar Rizky, MA mengungkapkan, para mahasiswa internasional sudah mengalami banyak kemajuan secara akademik karena sudah dapat mengikuti perkuliahan dengan lancar dan bersosialisasi dengan teman-teman mereka di kelas.

“Terimakasih saya ucapkan kepada pimpinan fakultas yang telah banyak membantu mahasiswa asing dalam proses perkuliahan selama ini,” katanya.

Lebih lanjut dia, berharap, ke depannya para mahasiswa internasional dapat menjadi tangan kanan UMSU untuk memperkenalkan kampus ke negara asal pada teman, saudara, kerabat. Harapannya akan semakin banyak lagi mahasiswa asing yang berkuliah di UMSU baik itu dengan skema beasiswa ataupun reguler. (Nas)

Print Friendly