Resmi Diluncurkan, UMSU Satu-satunya Pelaksana Wirausaha Merdeka 2023 di Sumut

KANALMEDAN – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menjadi salah satu perguruan tinggi yang terpilih menjadi pelaksana program Wirausaha Merdeka yang resmi diluncurkan pada hari ini secara daring oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan dan Ristek Nadiem Anwar Makarim, Plt Dirjen Dikti Prof Dr Nizam, Dirjen Vpendidikan Vokasi Dr Kiki Yulianti dan para pimpinan perguruan tinggi se Indonesia, Senin (19/6/2023).

Secara nasional ada 34 perguruan tinggi terdiri dari Perguruan Tingi Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi yang dipilih sebagai penyelenggara Wirausaha Merdeka tahun 2023. Untuk di wilayah Sumatera hanya ada 3 kampus Akademik yang terpilih yaitu UMSU, Universitas Riau dan Universitas Syiah Kuala. Di Sumatera Utara, UMSU menjadi satu-satunya kampus pelaksana Wirausaha Merdeka.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan Grand Lanching Wirausaha Merdeka mengatakan, program ini merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM yang memberi kesempatan mahasiswa untuk dapat menjadi lulusan yang mandiri dan siap menghadapi tantangan di dunia kerja.  Salah satunya lewat program Wirausaha Merdeka yang bertujuan mencetak ribuan wirausaha muda dari kampus guna mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.  

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Prof.Dr Agussani.M.AP mengapresiasi atas keberhasilan UMSU di bawah koordinasi Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis (PUSKIIBI) terpilih sebagai pelaksana program Wirausaha Merdeka tahun 2023. Ia mengatakan merupakan suatu kebanggaan bagi kampus dipilih sebagai pelaksana program MBKM ini mengingat jumlah kampus yang ditunjuk sangat terbatas. Tentu ini merupakan rekognisi dari pemerintah atas upaya dan prestasi yang baik dalam bidang pengembangan kewirausahaan di UMSU selama ini.

“UMSU sangat serius mengembangkan program kewirausahaan selama ini. Dengan MBKM kita semakin bersemangat apalagi menjadi pelaksana Wirausaha Merdeka,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PUSKIIBI UMSU Dra Dewi Andriany.M.Si menjelaskan tahun ini UMSU berhasil lolos sebagai kampus pelaksana Wirausaha Merdeka setelah melewati beberapa tahap seleksi yang cukup ketat. Selain menyampaikan dokumen pendaftaran perguruan tinggi pelaksana juga harus melewati beberapa tahapan presentasi dan wawancara. Faktor yang menjadi penentu keberhasilan UMSU antara lain jejak rekam program kewirausahaan yang sudah berjalan secara konsisten selama ini. Selain itu juga berbagai prestasi tingkat nasional yang berhasil diraih UMSU dalam ajang kewirausahaan menjadi kunci keberhasilan.

Melalui Program Wirausaha Merdeka 2023 ini, UMSU nantinya akan menjadi salah satu kampus tujuan bagi mahasiswa seluruh tanah air mulai dari tingkat Diploma, Sarjana hingga pascasarjana untuk belajar wirausaha dengan program yang sudah dipersiapkan. UMSU akan menerima kuota mahasiswa sebanyak 300 orang yang akan mengikuti program selama satu semester. Dalam kegiatannya selain nanti akan dibimbing oleh dosen dan praktisi kewirausahaan, para mahasiswa akan langsung terjun ke dunia usaha, UMKM dan melakukan aktivitas praktik wirausaha. (Nas)

Print Friendly