Wisuda 654 Lulusan Unimed, Rektor: Jadilah Insan ‘Agile Learner’


KANALMEDAN – Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syamsul Gultom, SKM, MKes berpesan agar wisudawan Unimed menjaga nama baik almamater. Kemudian tampil sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi agile learner, seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. 

Agile learner adalah mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan,” kata rektor saat menyampaikan pidato pada wisuda 654 lulusan Unimed, di Gedung Serbaguna PTN itu, Rabu (31/5/2023).

Lulusan yang diwisuda terdiri dari 41 Lulusan Program Pascasarjana, 50 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 109 Lulusan Fakultas Bahasa dan Senis, 57 lusan Fakultas Ilmu Sosial, 142 lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam, 115  Lulusan Fakultas Teknik, 71 Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 69 Lulusan Fakultas Ekonomi.

Rektor juga berpesan agar wisudawan tetap menjalin komunikasi dan silahturrahmi dengan Unimed sebagai almamater  di manapun berada.

“Berikan konstribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif-solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan; bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat,” harap Syamsul Gultom.

Selain itu, lulusan diminta bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis  khususnya sebagai keluarga besar Unimed.

Retor lalu mengajak semua lulusan yang diwisuda agar melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3 guna mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar semakin dapat berkolaborasi di dunia kerja yang kompetitif.

“Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister yang terus berkembang,” ungkap rektor.

Dalam pidatonya, Syamsul juga membeberkan berbagai prestasi Unimed. Dalam program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) misalnya, 374 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan.

“Setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia, untuk semester ini ada 322 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia, dan ada 3 orang mahasiswa yang sedang kuliah 1 semester di Eropa pada program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award). Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 806 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air,” kata rektor.

Dikatakan, mahasiswa Unimed juga berhasil mengukir berbagai prestasi tingkat nasional dan internasional. Di antaranya mahasiswa Unimed berhasil meraih 3 medali emas dan 1 medali perunggu di SEA Games ke-32 di Kamboja Mei 2023. Kemudian 1 orang dosen FIK, Dr. Novita, sebagai Head Coach Cabor Wushu di SEA Games Kamboja, dan anak asuhnya meraih 6 medali emas, 6 medali perak dan 2 medali perunggu, dan menjadi Juara Umum untuk Cabor Wushu SEA Games ke-32 di Kamboja.

Selain itu, Paduan Suara Mahasiswa “Eklesia Choir” meraih Medali Emas Internasional, di Medan Mei 2023.

Sebelumnya, mahasiswa Unimed meraih Peringkat 9 Nasional pada ajang PIMNAS Ke-35 di Malang Desember 2022. Kemudian meraih Medali Emas di Porseni NU di Jateng Januari 2023. Meraih 4 Medali di Kejurnas Tarung Derajat 2022 di Bandung Desember 2022. Meraih Medali Emas di Event Asian Kickboxing di Tailand Desember 2022. Meraih Medali Emas di Ajang Pra-PORA di Aceh Desember 2022.

Mahasiswa Unimed juga meraih 3 Medali Emas dan Perak di POMNAS XVII di Padang November 2022. Meraih Medali Emas di ajang PERPARAWI Nasional di Semarang November 2022.

“Dua mahasiswa Unimed juga meraih prestasi menjadi Duta Muda Sumatera Utara Tahun 2023. Dan banyak lagi prestasi lainnya yang berhasil diraih oleh mahasiswa Unimed. Capaian prestasi yang berhasil di lraih mahasiswa Unimed ini, menjadi bukti bahwa proses akademik dan nonakademik di kampus hijau Unimed berjalan dengan baik dan sukses,” ungkap Syamsul.

Hadir dalam wisuda periode Mei 2023 ini, Ketua Senat Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd, para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Pimpinan Fakultas beserta jajarannya, dan ketua lembaga. (Nas)


,

Print Friendly