Wakil Ketua dan Anggota Komisi VIII DRR RI Lepas Jemaah Kloter 1

KANALMEDAN – Sebanyak 359 jemaah calon haji Kelompok Terbang 1 Embarkasi Medan asal Kabupaten Mandailing Natal terbang menuju Kota Madinah menggunakan Garuda Airlines pukul 07.43 WIB, Rabu (24/5).
Prosesi pemberangkatan dihadiri Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H Marwan Dasopang, Anggota Komisi VIII DPR RI Muhammad Husni dan Iskan Qolba Lubis, Staf Ahli Menteri Agama RI Hasan Basri Sagala, Sekretaris Dirjen PHU Kemenag RI Ahmad Abdullah, Bupati Mandailing Natal Jafar Sukhairi Nasution, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM.

Staf Ahli Menteri Agama RI Hasan Basri Sagala dalam sambutannya mengatakan kepada jemaah untuk selalu bersyukur kepada Allah karena dapat melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun Islam kelima. Ia berharap kepada seluruh jemaah untuk menjaga kondisi kesehatan dan tidak memaksakan segala sesuatu untuk dilaksanakan agar dapat melaksanakan ibadah yang wajib dengan prima.

Ia juga mengatakan seluruh petugas haji siap untuk melayani dan membantu seluruh jemaah. Kondisi di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Di sana, cuacanya jauh lebih panas, sehingga seluruh jemaah harus dapat menyesuaikan diri. 

“Kita sudah siapkan petugas baik di tanah air dan sesampai di tanah suci. jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada petugas. Di seluruh tempat sudah kita siapkan petugas untuk membanut jemaah terutama layanan kesehatan,” sambungnya.

Tahun ini, jemaah haji lanjut usia (lansia) jumlahnya lebih banyak dari sebelumnya. Kemenag berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh jemaah, termasuk para lanjut usia.
Menteri Agama juga meminta para petugas lebih ramah dan peduli kepada jemaah lansia.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VIII Marwan Dasopang dalam sambutannya mendoakan agar seluruh jemaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal dan meraih gelar haji yang mabrur.

Ia juga mengatakan bahwa melalui DPR RI dan juga pemerintah terus berjuang untuk menekan biaya haji sehingga kemarin ditetapkan biaya haji untuk Sumatera Utara berkisar 49 juta yang harus dibayarkan jemaah dan nanti ditambahkan dari nilai manfaat sekitar 40 juta. Artinya jemaah membayar setengah dari ongkos haji sebenarnya.

“Selamat menjalankan ibadah haji bagi para duyufurrahman. Keberkahan semoga selalu tercurahkan kepada seluruh jemaah yang dapat berangkat tahun ini. Kami menyampaikan kepada saudara sekalian bahwa bukan hal yang mudah karena dibahas hingga berhari-hari. Namun dari biaya yang sudah sepakati, Alhamdulillah hari ini kita mulai keberangkatan,” ucap Marwan.

Ia juga mengatakan kepada seluruh jemaah untuk menjaga kesehatan. Dan benar-benar memanfaatkan kesempatan untuk beribadah.

“Kami memaklumi bagaimana jauhnya perjalanan Bapak Ibu dari Madina kemudian ke Medan dan nanti berangkat terbang. Maka dari itu, jaga kesehatan agar dapat beribadah dengan maksimal. Sebagian dari Bapak Ibu mungkin ada yang baru terbang, di sana nanti akan menemukan sesuatu yang berbeda, mulai dari tempat, kultur, dan orang-orang yang berbeda. Maka persiapkan diri,” tambahnya.

Marwan juga mengatakan Anggota DPR RI akan berangkat ke tanah suci dan menjadi petugas penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Ahmad Qosbi berterima kasih kepada Kementerian Agama RI pusat dan anggota DPR RI yang telah berjuang dan berkomitmen penuh untuk kemaslahatan masyarakat terkait penyelenggaraan ibadah haji. Semoga penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan dengan lancar dan jemaah dapat dilayani dengan maksimal. (sor)

Print Friendly