Tim KPK Monitoring Implementasi Pendidikan Anti Korupsi di Kanwil Kemenag Sumut

KANALMEDAN-Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Senin (20/2). Kedatangan Tim KPK ke Kanwil Kemenag Sumut dalam rangka monitoring dan evaluasi program implementasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) di satuan kerja pendidikan di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut.

Tim KPK disambut Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah H. Erwin P. Dasopang, M.Si, Kabid Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Dr. H. Muksin Batubara, M.Pd, Pembimas Katolik Pendi Justianus Lukas Sinurat, M.Pd, PJF Subbag Umum dan Humas Drs. H. Muhammad Yunus, MA, PJF. Subbag Ortala dan KUB yang juga Satgas UPG Kanwil Kemenagsu Drs. H. Ahmad Suhaimi, MA.

Direktur Jejaring Pendidikan KPK Aida Ratna Zulaikha mengatakan kunjungan tim KPK ke Kanwil Kemenag Sumut dalam rangka memastikan implementasi PAK khususnya di madrasah dan pendidikan keagamaan dapat terlaksana dengan baik melalui materi pembelajaran maupun membangunan ekosistem yang berintegritas.

Ia meminta agar seluruh pimpinan menjadi teladan dalam pelaksanaan pencegahan korupsi di masing-masing tempat bertugas. Sehingga para siswa dengan mudah menyerap pemahaman tentang pendidikan anti korupsi serta dapat mengaplikasikan perilaku anti korupsi.

“Pertemuan ini semoga dapat mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan anti korupsi yang diaplikasikan baik di madrasah maupun pendidikan keagamaan di Sumatera Utara. Kami juga berharap agar pendidikan anti korupsi dapat diterapkan baik melalui mata pelajaran maupun dengan membangun ekosistem yang berintegritas,” katanya.

Aida Ratna menambahkan bahwa membangun ekosistem yang berintegritas dapat dilakukan dengan pemantauan melalui sistem aplikasi EMIS, baik dalam pelaporan keuangan dan lain sebagainya.

“Dapat juga dengan adanya satuan tugas Unit Pengendalian Gratifikasi atau yang semacamnya. Hal tersebut dapat menguatkan lingkungan satuan kerja dalam pencegahan korupsi,” tambahnya.

Sementara itu, Kabid Penmad H Erwin P Dasopang mengungkapkan bahwa jajaran madrasah terus berupaya melakukan inovasi dan penguatan pendidikan anti korupsi terutama dalam pemuktahiran data EMIS. Ia mengatakan bahwa Sumatera Utara meraih juara 1 pemuktahiran EMIS tahun 2022.

“Kami mengucapkan terimakasih atas bimbingan dan edukasi yang disampaikan tim KPK,” kata Erwin.

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Sekolah Pendidikan Teologi Kristen, Kepala SMAKN Samosir, Ketua KKMA, Ketua KKMTs, Ketua KKMI, Ketua KKRA, dan Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Medan H Yose Rizal MM. (sor)

Print Friendly