Hilal Tak Terlihat di Medan, Idul Fitri Ditetapkan Sabtu

KANALMEDAN -Tim Hisab Rukyat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan pengamatan rukyat hilal awal Syawal 1444 Hijriah/2023 di Anjungan Lantai 9 Kantor Gubernur Sumut, Kamis (20/4) sore.

Melalui pengamatan tersebut, Tim Hisab menyatakan hilal di KotavMedan tidak terlihat, atau berada pada 2,22 derajat terbenam matahari. Alhasil, untuk menentukan 1 Syawal haruslah memenuhi kriteria ufuk mar’i di atas 3 derajat.
Ijtima awal Syawal telah dilaksanakan pada Kamis (20/4). Dan melalui pengamatan Tim Hisab Rukyat Sumut, hilal tidak terlihat di Medan. Dengan demikian, dapat dipastikan 1 Syawal ditetapkan pada Sabtu (22/4),” ungkap Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Arso.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumut, H Ahmad Qosbi MM mengimbau kepada masyarakat Sumut, agar menyikapi dengan bijak perbedaan 1 Syawal di Indonesia.

“Perbedaan itu rahmatan lil alamin. Jangan kita terpecah hanya karena penentuan 1 Syawal. Karena kita tetap NKRI, bijaklah dalam bersikap,” imbaunya.

Dalam acara ini, turut hadir Gubernur Sumut diwakili Kepala Diskominfo Sumut Ilyas Sitorus, Kepala BBMKG Wilayah 1 Medan, dan jajaran Kemenang Sumut. (Sor)

Print Friendly