Kemenag Sumut Gelar Senam Kerukunan dan Jalan Sehat

KANALMEDAN – Seluruh ASN dan juga non ASN Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Kantor Kementerian Agama Kota Medan, UPT Asrama Haji Medan, pengurus FKUB Sumut dan Kota Medan, Majelis Agama dan Tokoh Lintas Agama, serta siswa madrasah ikut gerak jalan sehat dan senam kerukunan, Sabtu (14/1).

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan deklarasi damai umat beragama oleh majelis dan tokoh lintas Agama Sumatera Utara.
Kegiatan jalan sehat dan senam kerukunan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia dan dilaksanakan serentak seluruh Kanwil Kementerian Agama se Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag mengatakan ,jalan sehat dan senam kerukunan serta deklarasi damai umat beragama merupakan kegiatan puncak dari rangkaian peringatan HAB ke-77. Ia mengatakan antusias seluruh peserta sangat tinggi dan luar biasa.

“Hari ini rangkaian terakhir peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama RI. Kita berkumpul dan melaksanakan rangkaian kegiatan dengan hati senang dan bahagia. Semoga kita semua mendapat rahmat dari Allah Tuhan yang Maha Esa,”kata Amri.

Ia juga mengatakan bahwa acara ini serempak dilaksanakan dan hal tersebut membuktikan bahwa Kementerian Agama RI sangat besar.

Menurut Kakanwil, Kementerian agama memiliki banyak mengurus aspek kehidupan, seperti mengurus pendidikan, mengurus semua agama, mengurus pernikahan, sampai mengurus kematian.
Maka dari itu, kata Amri, momentum ini harus dijadikan untuk lebih mempererat kebersamaan dan kerukunan terutama di Sumatera Utara.

Kakanwil juga menyampaikan bahwa kedepan kehidupan sosial akan menghadapi masalah politik dan sebagainya. Maka dari itu, Pesan Menteri Agama agar seluruh masyarakat harus saling bertoleransi, dan menjaga kerukunan serta mengutamakan persatuan dan kesatuan.

“Pesan Gus Men dalam acara ini adalah kedepan kita akan dihadapkan dengan situasi politik dan situasi lainnya yang dapat memperkeruh kehidupan kita. Maka dari itu, mari sama-sama kita jaga persatuan dan kesatuan, saling menjaga kerukunan sehingga kita dapat hidup damai dan tenang,” ujarnya.

Ribuan peserta melaksanakan jalan sehat dimulai dengan penampilan marching band dari Madrasah, kemudian disusul para ASN dengan berkeliling serta menyapa masyarakat di sana. (Sor)

Print Friendly